Jesse Ewart Unggul Pada Estape I, II TDS 2019

Padang-today,com__Pebalap Australia dari Sapura Cycling Singapura, Jesse Ewart, tampil sebagai pemenang etape I Tour de Singkarak (TDS) Sabtu (2/11), dengan waktu 2 jam 03 menit. Jesse jauh meninggalkan pebalap Sapura Cycling lainnya, Christian Raileanu dengan waktu 2;35:03 dan pebalap Thanakkan Chayasombat dari Tim Thailand Continental dengan catatan waktu 2 jam 37 menit 29 detik.

Sebanyak 98 pembalap dari 19 tim mengikuti Etape I TdS dengan titik start di Pantai Gondiriah Kota Pariaman dan finish di Istano Basa Pagaruyung, Batusangkar dengan jarak tempuh sepanjang 107,3 kilometer.

pada estape I, pembalap setelah lepas star pukul 10.00 WIB melewati sejumlah daerah pada rute loop yaitu Pantai Gandoriah, Hotel Nan Tongga, simpang lampu merah, Kampuang Pondok, Simpang Tabuik, Simpang Gelombang.

Estape I berakhir di Istana Pagaruyuang, Batusangkar, dengan menampilkan Jesse Ewart unggul dari lawannya dan berhak mendapatkan hadiah uang Rp 20 juta. Sementara rekan satu timnya Christian Raileanu Rp 15 juta dan Thanakkan Chayasombat Rp 12 juta. Hadiah diserahkan oleh Wagub Sumbar Nasrul Abit.

Pembalab Australia itu, pada estape ke II juga berhasil mempertahankan jersey kuning, Minggu (03/11). Estape II, pembalap melewati rute dari Kabupaten Pasaman ke Kota Bukittinggi, Jesse Ewart kembali mampu menaklukan rute sepanjang 112,2 kilometer dengan catatan waktu 2 jam 51 menit, 13 detik.

Perebutan gelar juara estape II berlangsung cukup sengit. Meski berhasil menempel ketat, pembalap dari PGN Road Cyling Team bernama Firdaus Ahmad Yoga Ilham, harus melerakan podium pertama disabet oleh Jesse setelah tertinggal 27 detik.

Firdaus finis dengan torehan waktu 2 jam 52 menit 07 detik, disusul pembalap dari PGN Road Cycling Team atas nama Jamalidin Novardianto yang menguntit di posisi tiga.

Semantara pembalap Indonesia atas nama Firdaus Ahmad Yoga Ilham yang memperkuat PGN Road Ciycling Team, pada saat estape ini meraih gelar Best Indonesia Riders dengan catatan waktu 2 jam 51 menit 40 detik.

Meski menyabet gelar Best Indonesia Rider, namun Firdaus harus merelakan Red & White Jersey ketangan Shabana Agung yang memperkuat KFC Cycling Team lantaran masih kalah dalam perolehan total catatan waktu sejak etape kemarin. Pada etape ini, total waktu yang dibukukan Shabana Agung yakni 5 jam 29 menit 40 detik. Shabana unggul tipis 4 detik dari Firdaus.

Dengan finish terdepan, Jesse Ewart, kembali berhasil mempertahankan Yellow Jersey dan gelar Best Sprinter Classification. Ia juga mempertahankan Green Jersey. Sedangkan untuk kategori Best Climber Classification atau raja tanjakan lepas dari tangan Jesse dan beralih ke Marcelo Felipe dari 7 Eleven QQ-Air 21 By Road Bike Philippines. Marco berhasil membukukan 24 Poin selisih 11 poin dari Jesse.

Sementara itu, hasil positif pada Etape kedua ini juga diraih oleh PGN Road Cycling Team. Mereka, berhasil menempati urutan pertama di kategori Stage Team Classification dengan total waktu 8 jam 35 menit 54 detik.

Sementara tim Go For Gold Philippines berada di urutan kedua dengan total waktu 8 jam 35 menit 34 detik. Dilanjutkan Banyuwangi Road Cycling Community di urutan ketiga dengan total waktu 8 jam 36 menit 21 detik.

Hingga kini, Jesse Ewart masih memimpin klasemen sementara dengan total waktu 5 jam 25 menit 53 detik. Disusul pembalap atas nama Cristian Raileanu dari Sapura Cycling Team dengan catatan waktu 5 jam 27 menit 02 detik dan, Chaiyasombat Thanakhan dari Thailand Continental Cycling Team yang mengantongi total catatan waktu 5 jam 29 menit 32 detik diurutan ketiga.

Sedangkan untuk ketegori Team General Classification By Time, Sapura Cycling Team bertengger diurutan pertama setelah membukukan total catatan waktu 16 jam 28 menit 48 detik. Disusul urutan kedua Go For Gold Philippines dengan catatan waktu 16 jam 30 menit 15 detik dan PGN Road Cycling Team diposisi Ketiga dengan catatan waktu 16 Jam 30 menit 24 detik.

Sebelumnya, sebanyak 98 pembalap yang tergabung di 19 tim, beradu strategi, ketangkasan dan kecepatan untuk menaklukkan seluruh rintangan pada etape II yang mengambil lokasi star dari Kabupaten Pasaman menuju Kota Bukittinggi.   (herry suger)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas