JKN-KIS Dimaksimalkan, Wabup Tanah Datar Sambangi BPJS Kesehatan KC Payakumbuh

JKN-KIS Dimaksimalkan, Wabup Tanah Datar Sambangi BPJS Kesehatan KC Payakumbuh

JKN-KIS Dimaksimalkan, Wabup Tanah Datar Sambangi BPJS Kesehatan KC Payakumbuh

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Keseriusan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Propinsi Sumatera Barat mewujudkan masyarakat sehat dan sejahtera ditunjukkan oleh Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma dengan mengunjungi BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh, Kamis (11/1/2018).

Wakil Bupati juga memboyong Kepala Dinas Kesehatan Tanah Datar, dr.Ermon Revlon, MPH didampingi Kepala Bidang Pelayanan Dinas Kesehatan, dr. Irwanto. Ketiga petinggi Tanah Datar ini disambut langsung oleh Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Payakumbuh, Yoelizar Zubir di kantornya di Payakumbuh.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Tanah Datar, Zuldafri Darma bersama Kepala BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh Yoelizar Zubir dan staf membahas soal optimalisasi peran Pemda dalam pelaksanaan Program JKN-KIS di Kabupaten Tanah Datar.

Sebelum 1 Januari 2019 seluruh masyarakat Kabupaten Tanah Datar sudah tercover jaminan program JKN-KIS. Maka, tidak mustahil pelaksanaan program JKN-KIS itu akan Universal Health Coverage (UHC) untuk Kabupaten Tanah Datar. Dimana 100 persen masyarakat Kab. Tanah Datar sudah menjadi peserta JKN-KIS.

“Kalaborasi BPJS Kesehatan dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar terkait upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk memaksimalkan program JKN-KIS, baik dari segi jumlah kepesertaan, pelayanan kesehatan dan Jamkesda serta lainnya yang terkait kesehatan perlu dilakukan secara bersama untuk hasil yang maksimal,” sebut Wabup, Zuldafri Darma.

Orang nomor dua di Luak Nan Tuo (Kabupaten Tanah Datar), optimis jika suatu hari tidak ada lagi masyarakatnya yang mengeluhkan biaya kesehatan, tidak ada lagi masyarakatnya yang berfikir dua kali untuk berobat. Sebab, Pemerintah Tanah Datar ingin menciptakan masyarakat yang sehat dan sejahtera di masa yang akan datang.

“Kita ingin agar seluruh masyarakat Tanah Datar tidak berpikir dua kali jika hendak berobat. Dengan demikian tingkat kesehatan masyarakat terjaga dengan baik termasuk kesejahteraannya. Kemudian kita memang konsen terkait kesehatan ini, ditambah lagi dengan adanya Instruksi Presiden nomor 8 tahun 2017 tentang Optimalisasi Program Jaminan Kesehatan,” sebut Zuldafri Darma.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh yang membawahi tiga wilayah, masing-masing Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Lima Puluh Kota dan Kota Payakumbuh, Yoelizar Zubir sangat senang sekali dengan kunjungan Wabup Tanah Datar Zuldafri Darma bersama Kepala Dinas Kesehatan dan staf.

Yoelizar Zubir menyampaikan, jika BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh sepakat dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar untuk terus mengoptimalkan program JKN-KIS di Tanah Datar. BPJS Kesehatan terus melakukan berbagai terobosan dan inovasi dalam memberikan sosialisasi dan pelayanan kepada masyarakat terkait pentingnya JKN-KIS.

Bahkan, petugas BPJS Kesehatan selain melakukan pendirian stand pada berbagai acara besar Pemerintah Tanah Datar, juga lansung terjun ke kecamatan” menggunakan mobil customer services untuk menjangkau penduduk terjauh di Kabupaten Tanah Datar dengan mensosialisasikan dan membuka pelayanan BPJS Kkesehatan kepada masyarakat.

“Berbagai inovasi yang kita lakukan dibantu Pemerintah Tanah Datar kita optimis sebelum 1 Januari 2019 Kabupaten Tanah Datar sudah Universal Health Coverage. Dimana seluruh masyarakat Tanah Datar sudah tercover JKN-KIS,” harap Yoelizar Zubir mengapresiasi kesungguhan Pemkab Tanah Datar.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*