Joko Widodo dan Jusuf Kalla Resmi Dilantik Sebagai Presiden Indonesia ketujuh

Usai Pelantikan Presiden Ke 7.

Usai Pelantikan Presiden Ke 7.

Advertisements

PADANGTODAY.com-Setelah Joko Widodo dan Jusuf Kalla resmi dilantik sebagai Presiden Indonesia ketujuh uasai disumpah di hadapan anggota MPR dan tamu dari negara sahabat yang hadir di Kompleks DPR/MPR, Jakarta, Senin (20/10).

Se Usai disumpah dan menandatangani berita acara pelantikan, Jokowi dan wakilnya Jusuf Kalla (JK) diminta untuk duduk kembali di kursi masing-masing. Jokowi yang berbalik badan menuju kursi, sudah disambut presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Keduanya lantas cipika-cipiki sebanyak tiga kali. Saat Jokowi hendak duduk di kursi yang berada di sebelah kanan, SBY kemudian mengarahkan Jokowi untuk duduk di kursi presiden yang berada di sebelah kiri. Ketua MPR, Zulkifli Hasan, menyebut pertukaran kursi tersebut adalah simbol peralihan kekuasaan.

Momen tersebut mendapat sambutan meriah dari para wakil rakyat dan tamu negara. Sikap negarawan di antara keduanya mendapatkan standing applause dari seribuan hadirin.

Hal yang sama juga terjadi saat JK kembali ke tempat duduk. JK yang resmi menjabat sebagai wakil presiden ke-12, bertukar tempat duduk dengan wakil presiden ke-11 Boediono.(dil/mdk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*