Jokowi Meniadakan Anggaran Mobil Baru untuk Mentri

Presiden Indonesia ke 7 Joko Widodo.

Presiden Indonesia ke 7 Joko Widodo.

Advertisements

Jakarta, PADANGTOODAY.com-(12/11) Program efisiensi anggaran negara yang dicanangkan Presiden Joko Widodo seperti penggunaan mobil bekas hingga pemangkasan bujet perjalanan dinas dan hotel direspons positif oleh Pengamat Kebijakan dari Universitas Negeri Padang, Eka Vidia Putra.

Dosen pada Fakultas Ilmu Politik dan Sosial ini, menyoroti kebijakan meniadakan pengadaan mobil baru untuk para menteri Kabinet Kerja.Merupakan sebuah kebijakan sederhana namun memiliki banyak manfaat.

“Ini sangat sesuai dengan nama kabinetnya sendiri, yakni kabinet kerja. Mereka sangat mengutamakan kinerja ketimbang aksesoris pertanda seorang pejabat, dan ini merupakan sebuah catatan penting di Indonesia, dimana anggota kabinet pakai mobil bekas,” katanya di Padang, Selasa.

Eka pun menanggapi penghematan yang dilakukan Jokowi. Merupakan sebuah tren pejabat saat ini. Dimana pejabat saat ini terkesan malu apabila menggunakan uang negara untuk kepentingan dan kenyamanan sendiri, Hal ini dilakukan demi efisiensi negara.

“Namanya pejabat, banyak dapat previllege lebih dibanding rakyat jelata. Tapi Pejabat sekarang, seperti Jokowi tidak mau seperti itu. Kalo orang yang sudah beruang itu, malu menggunakan uang negara untuk kepentingan pribadi,” katanya.

Eka berharap, tindakan ini memberi inspirasi bagi orang-orang sekitar termasuk para menteri hingga pejabat Daerah. Bahwa penghematan anggaran harus dilakukan guna memberi ruang fiskal bagi anggaran negara untuk dialihkan ke hal-hal bersifat produktif seperti infrastruktur dan sebagainya.

“Jika ini bisa direalisasikan,sangat banyak penghematan yang terjadi.Anggaran yang berlebih ini bisa bisa dikompensasi untuk program pemerintah lainnya,” katanya. (wiwi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*