Jokowi Perintahkan Menteri PUPR Benahi Sarana Di Pariangan

Fhoto : Presiden Jokowi didampingi Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma, saat mengunjungi Nagari Tuo Pariangan, Jumat (09/02/18). (Humas-TD)

 

TANAH DATAR,www.padang-today.com,- Presiden RI Joko Widodo perintahkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono segera merestorasi dan memperbaiki sarana dan prasarana di Nagari Tuo Pariangan, Kabupaten Tanah Datar.

“Saya sudah perintahkan Menteri PURP dalam bulan ini harus disiapkan revitalisasi dan merestorasi sarana dan prasarana yang ada di Nagari Tuo Pariangan , Kabupaten Tanah Datar,” ucap Presiden Jokowi dalam pidatonya sebelum membuka Hari Pers Nasional (HPN) ke 70 di Padang, Jumat (09/02/18).

Kata Jokowi, sehingga nanti akan kelihatan landskip, kelihatan arsitektur tradisi minangnya, kelihatan bagonjongnya semuanya akan kelihatan akan menonjol,

Fhoto : Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana saat tiba di Hotel Emersia Batusangkar, disambut langsung oleh Bupati Tanah Datar, kamis (08/02/18).(ddy)

Di depan insan pers Tanah Air, Jokowi  juga mengakui, tentang keindahan desa yang didaulat oleh Majalah Travel Budget Amerika sebagai salah satu desa terindah didunia.

“Saya baru mendengar, desa terindah dunia. Dan saya datang pagi pagi kesana ternyata itu memang Indah benar. Betul betul sangat Indah sekali,” tutur Jokowi.

Sementara itu Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan jika Kementerian PUPR sudah menerima perintah langsung untuk melakukan penataan kawasan pariwisata Nagari Tuo Pariangan di Tanah Datar sebagai Desa Terindah. Dan ini ditargetkan selesai akhir tahun 2018.

“Kementerian PUPR sendiri melalui Ditjen Cipta Karya sudah memprogramkan revitalisasi kawasan tersebut. Dalam rencana induk akan dilakukan perbaikan bangunan rumah gadang yang ada, penataan lansekap kawasan, dan pembangunan landmark utama dan peningkatan fasilitas untuk wisatawan,” kata Menteri Basuki

Kunjungan Presiden RI ini, ke Kabupaten Tanah Datar dengan meninjau Bandar Pincuran VII di Jorong Piliang, Nagari Lima Kaum dengan areal 525 Ha yang merupakan bagian dari Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) yang digalakkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Usai kunjungan itu, Presiden Jokowi akan membuka hari puncak memperingati HPN ke 70 di Padang.(ddy)

Fhoto : Presiden Joko Widodo saat menikmati Desa Terindah Didunia, Nagari Tuo Pariangan Kabupaten Tanah Datar. (Humas/TD)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*