Jonpriadi, Alokasi Dana Nagari Terfokus Pada Sektor Pertaniaan Kakao

Sekdakab Padangpariaman Jhonpriadi saat memberi arahan pada acara sosialisai dana nagari diruang rapat bupati

Sekdakab Padangpariaman Jhonpriadi saat memberi arahan pada acara sosialisai dana nagari diruang rapat bupati

Paritmalintang,PADANG-TODAY.COM__Saat ini dana desa terfokus pada sektor pemberdayaan masyarakat serta mengurangi angka penganguran dan kemiskinan. Hal ini disampaikan Sekdakab Padangpariaman Jonpriadi, Kamis 12-05-2016 di ruang rapat Bupati Parit Malintang.

Menurut Jonpriadi,  dewasa ini masih minimnya anggaran untuk Alokasi dana nagari, khususnya pada sektor pertanian dan perkebunan.  Artinya, denganketerbatsan anggaran tersebut, Pemkab Padangpariaman berupaya mengubah mindset dana nagari tersebut bukan hanya untuk pembangunan infrastruktur saja, namun juga dianggarkan untuk sektor pertanian terutamka pada kakao. Apalagi kakao sudah menjadi ikon Padangpariaman, jelasnya.

“Alokasi dana nagari pada sektor pertanian dan perkebunan masih minim. Artinya, kita harus ubah mindset dana nagari itu bukan hanya untuk pembangunan infrastruktur saja, tetapi juga dianggarkan untuk sektor pertanian terutama kakao. Apalagi kakao sudah menjadi ikon di Padang Pariaman,” kata Jonpriadi.

Sesuai arahan Bapak Presiden Jokowi, tambah Jhonpriadi, dana desa harus fokus dalam pemberdayaan masyarakat serta mengurangi angka kemiskinan. Prospek tanaman kakao sangatlah menjanjikan apabila benar-benar dikelola secara benar. Hal ini sudah dibuktikan bahwa petani kakao bisa memiliki penghasilan yang lebih baik dan kehidupan yang layak, tandasnya.

Dalam siaran perss Humas Setdakab Padangpariaman,  terkait dengan Alokasi Dana Nagari ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Padang Pariaman akan menggelar sosialisasi mengenai Alokasi Dana Nagari untuk sektor Pertanian dan Perkebunan dalam rangka menunjang perekonomian masyarakat.

Sosialisasi yang diberi judul Efektifitas Alokasi Dana Nagari untuk Produksi Tanaman Kakao dan Pengentasan Kemiskinan, direncanakan akan dibuka oleh Bapak Gubernur Sumbar Irwan Prayitno pada tanggal 16 Mei 2016 bertempat di Aula Kantor Bupati Padang Pariaman.

Sementara Asisten Ekonomi dan Pembangunan Ali Amran mengatakan sosialisasi dimaksud akan dihadiri sebanyak 300 orang yang terdiri dari Kepala SKPD, Camat, Wali Nagari, Ketua Bamus, Akademisi, Gabungan Kelompok Tani dan yang terkait lainnya, dengan narasumber Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Kadis Perkebunan Sumbar Fajaruddin dan Ketua Asosiasi Kakao Indonesia (Askindo) Zulhefi Sikumbang.

Ali Amran menambahkan sosialisasi ini juga sekaligus untuk mendukung proyek perubahan selaku peserta Diklat Kepemimpinan II di Lembaga Administrasi Negara, Jawa Barat.

“Saat ini saya sedang mengikuti Diklatpim II, dan saay sangat tertarik memmbuat inovasi dalam Alokasi Dana Nagari untuk Tanaman Kakao dan pengentasan kemiskinan” tandas Ali Amran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas