Jonpriadi : HIV – AIDS mengancam Padang Pariaman

Padang-today.com__Tim Safari Ramadan (TSR) 10 yang dipimpin Sekretaris  Pemkab Padang Pariaman, Senin 21/05/2018 dihari kedua mengunjungi Surau Kariang, korong Rimbo Dadok, Kanagarian Koto Tinggi, Enam Lingkung, (Sumbar).
Ketua TSR 10 Sekdakab Padang Pariaman, Jonpriadi, menyampaikan salam bupati Ali Mukhni untuk jamaah setempat. Karena luasnya wilayah Kabupaten Padang Pariaman, membuat TSR ini harus dibagi melibatkan setiap OPD untuk setiap tim.
“Pak bupati ingin sekali turun bersama kami, tapi karena keterbatasanlah, sehingga kami yang ditugaskan tanpa kehadiran beliau,” kata Jonpriadi.
Katanya, dengan adanya TSR turun ke tengah-tengah masyarakat adalah pembuktian bahwa tidak ada jarak antara pemerintah dengan masyarakat. Hakekatnya adalah tidak terputusnya silaturrahim antara pemerintah dan masyarakat.
Jonpriadi, juga mengajak jamaah untuk mendukung setiap langkah pembangunan yang dilakukan pemerintah, karena itu merupakan bagian dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
“Sejumlah pembangunan besar tengah dilakukan di Padang Pariaman, seperti pembukaan kawasan pendidikan Tarok, pembangunan jalan tol Padang Pariaman-Pekanbaru, pembangunan asrama haji dan pembangunan lainnya,” katanya.
Selain itu, lanjutnya, Padang Pariaman ternyata peringkat ke 13 HIV-AIDS di Sumbar. Hal tersebut sesuai data 2005 sampai 2007 ditemukan 104 orang penderita.
“Januari sampai Maret 2018 saja sudah tercatat 10 orang kasus penderita penyakit menular berbahaya tersebut,” kata Jonpriadi.
Dalam hal itu, tambahnya, Pihaknya melakukan inovasi dengan membuat program Gerakan Nikah Sehat Padang Pariaman ‘GERNIS PAPA’
“Program tersebut pertama kali ada di Sumbar. Berharap dapat menjadi solusi pencegahan secara dini terjadinya penularan HIV-AIDS,” ujarnya.
Sementara penceramah di Mesjid setempat Imam Tuangku Sati mengingatkan jamaah agar mensyukuri nikmat yang diberikan Allah SWT dan dapat memanfaatkan  bulan Ramadan ini untuk memaksimalkan ibadah, baik siang maupun malam.
“Jika ini sudah kita laksanakan semata-mata karena Allah, maka pantaslah kita merayakan kemenangan di awal bulan Syawal nanti,” katanya.
Pada kesempatan itu tim menyerahkan bantuan surau sebesar Rp 5 juta dari Pemkab Padang Pariaman, plus sumbangan tim dan kitab Al Quran serta beberapa kitab lainnya yang diterima langsung oleh pengurus mesjid setempat. (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*