Jumadias Warga Sikapak Barat Juara I Teknologi Tepat Guna Tingkat Kota Pariaman

Padang-today.com___Jumadias (38) salah seorang warga desa Sikapak Barat meraih juara I lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) kategori umum tingkat Kota Pariaman tahun 2018 yang dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kota Pariaman.

“ Polibek isi ulang adalah alat TTG yang diciptakan oleh pak Jum (sapaannya) berbahan dasar pipa paralon ukuran 3/4, lem paralon, amplas dan sedikit kayu untuk pembuat cetakan dan pembuat alat untuk mengeluarkan tanaman dari polibek isi ulang ini, “ ungkap jumadias Selasa (09/10).

Setelah semua alat selesai maka dimulailah menanam bibit di polibek isi ulang ini. Untuk pembuatannya sendiri tidak memakan biaya yang mahal karna membuat satu paket polibek isi ulang yang isinya 21 Polibek hanya bermodalkan Rp. 31 ribu saja.

“ Awal bisa menciptakan polibek isi ulang ini karna saya yang basicnya seorang petani dan ketua kelompok tani di desa sikapak barat sedang berfikir bahwa seorang petani pasti memerlukan sesuatu untuk berladang dan berkebun kemudian melihat efek pemakaian polibek yang bersifat tidak hemat, maka saya coba untuk membuat polibek isi ulang dengan berbagai bahan dan akhirnya terciptalah polibek isi ulang dengan bahan tersebut, “ tambahnya.

Fungsi polibek  isi ulang ini sama dengan polibek biasa namun kalau polibek biasa hanya sekali pakai langsung dibuang dan menjadi sampah plastik, sementara keunggulannya bisa digunakan berulang – ulang dan kalau rusak bisa dijual ke tukang barang bekas karena terbuat dari paralon  dan tidak mumbazir.

Jumadias adalah salah seorang warga Desa sikapak barat yang aktif di desa dan kecamatan. Ini dibuktikan dengan jabatan saat ini di desa yaitu Ketua kelompok tani Anak Desa Sikapak (ANDESIK), Ketua Pos Pelayanan Teknologi (POSYANTEK) Kecamatan Pariaman Utara, Ketua Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Pariaman Utara.

Ia berharap semoga alat yang diciptakan ini bisa dimanfaatkan oleh seluruh petani dan dinas sendiri selalu memotivasi dan memberikan infomasi kepada kelompok – kelompok tani kalau ada yang membutuhkan bisa menghubunginya langsung.

Sementara itu Kepala Dinas DPMDes Kota Pariaman, Efendi Jamal menuturkan bahwa lomba TTG ini dilakukan untuk mencari inovasi terbaru yang bisa dibuat oleh masyarakat Kota Pariaman. Saat ini pemenang lomba TTG juara 1 tingkat pelajar dan umum sedang menunggu pengumuman pemenang di tingkat provinsi.

Yang meraih juara 1 pada lomba ini akan berangkat ke Bali untuk menghadiri Kegiatan Pekan Inovasi Nasional Desa/kelurahan (PINDeskel), Temu Karya Nasional dan Gelar TTG Nasional XX Tahun 2018 di Bali pada tangga 17 s/d 22 Oktober. (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas