Junk Food Mampu Membunuh Bakteri Perut

Junk Food

Junk Food

PADANGTODAY.COM – Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada makanan cepat saji selama 10 tahun, menemukan adanya hubungan kuat antara bakteri baik, diet, dan kesehatan.

Makanan cepat saji atau yang biasa disebut junk food dinyatakan mampu membunuh bakteri perut yang melindungi tubuh dari obesitas, diabetes, kanker, penyakit jantung, kondisi peradangan usus, dan autisme, seperti yang dikutip dari The Telegraph (10/5).

Temuan ini muncul dari penelitian yang dilakukan oleh Tim Spector, profesor epidemiologi genetik di King College London.

Seorang mahasiswa bernama Tom setuju untuk dijadikan alat percobaan dengan menghabiskan 10 hari untuk makan hamburger, chips, chicken nuggets, dan minuman cola. Hasilnya sungguh mengejutkan.

“Sebelum saya memulai percobaan ini, ada sekitar 3500 spesies bakteri dalam usus saya yang didominasi oleh jenis Firmicutes. Setelah melakukan itu, dengan cepat saya kehilangan 1300 spesies dan usus saya langsung didominasi oleh kelompok yang disebut bateriodetes. Dengan kata lain, makanan cepat saji membunuh bakteri jahat di dalam usus saya,” ujar Tom.

Lebih lanjut, Profesor Spector melakukan penelitian berikutnya yang menunjukkan bahwa masalah ini jauh lebih kompleks dari sekadar makan terlalu banyak. Flora perut juga memainkan peran kunci dalam menangkal mikroba yang berpotensi membahayakan, mengatur metabolisme. Mereka menghasilkan enzim pencernaan bersama vitamin A dan K yang diperlukan untuk membantu penyerapan mineral ke dalam tubuh seperti kalsium dan zat besi.

Ketidakseimbangan bakteri telah dikaitkan peningkatan kemungkinan kondisi berkembang seperti kolitis dan penyakit radang usus, sementara ada bukti bahwa autisme mungkin berhubungan dengan menurunkan aktivitas bakteri usus.

(ega/uil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*