Jurbir Fraksi PKS-PBB Hardedi: Pembentukan SOPD Harus Sesuai Keuangan Daerah

Juru Bicara Fraksi PKS-PBB DPRD Limapuluh Kota Hardedi

Juru Bicara Fraksi PKS-PBB DPRD Limapuluh Kota Hardedi

Advertisements

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Fraksi PKS-PBB DPRD Limapuluh Kota merekomendasikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang sudah menjadi Peraturan Daerah (Perda), supaya perubahan dalam membentuk perangkat daerah tepat fungsi dan tepat ukuran.

“Semua itu, harus sesuai dengan kondisi kebutuhan daerah dan keuangan daerah, sebagaimana harapan dan isyarat yang tertuang dalam UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah,” ujar juru bicara Fraksi PKS-PBB Hardedi dalam Rapat Paripurna DPRD tentang penyampaian pendapat akhir fraksi terhadap Ranperda pembentukan SOPD, bertempat di aula DPRD setempat, Selasa (27/9).

Dari 43 OPD yang diajukan, Fraksi PKS-PBB merekomendasikan jumlah tersebut terdiri dari 21 Dinas, 3 Badan, 3 Unsur Staf dan Pengawas dan ditambah 13 Unsur Penunjang Kecamatan.

“Kita semua tentu memaklumi setiap dinamika dan riak-riak yang terjadi dalam proses pembahasan, serta pengkajian Ranperda tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Limapuluh Kota ini. Meski sebelumnya muncul berbagai pandangan, masukan dan saran yang sangat konstruktif, bahkan sangat mungkin terjadinya silang pendapat dan adu argumentasi” tambahnya.

Namun Fraksi PKS-PBB meyakini, semuanya lahir demi tercapainya rumusan Peraturan Daerah yang baik dan berkualitas. Oleh karena itu, Pemerintah Daerah dalam hal pembentukan perangkat daerah harus tetap memperhatikan beberapa asas yaitu adanya urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan Pemerintahan Daerah.

“Untuk itu, kita semua berharap perangkat daerah yang dibentuk dan telah disepakati bersama dapat memberikan peningkatan pelayanan publik dan kesejahteraan rakyat, serta mendatangkan manfaat yang sebesar-besarnya bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Limapuluh Kota ini,” harap Hardedi.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*