Juru Pengairan Payakumbuh Selangkah Lagi Juara Nasional

Kalimus nomor empat dari kiri, bersama tim penilai pusat dan Walikota Riza Falepi serta Kadis PSDAumbar Ali Musri, sebelum turun ke lapangan.

Kalimus nomor empat dari kiri, bersama tim penilai pusat dan Walikota Riza Falepi serta Kadis PSDAumbar Ali Musri, sebelum turun ke lapangan.

PAYAKUMBUH, PADANGTODAY.com-Staf Bidang Pengairan Dinas PU Kota Payakumbuh, Kalimus, ST, masuk nominasi tiga besar nasional dalam Lomba Juru Pengairan Tingkat Nasional 2014. Saat penilaian kemampuan ekspose atau presentasi  di depan tim penilai, di Padang, Agustus lalu, Kalimus berada di urutan kedua. Namun, untuk naik satu anak tangga lagi,  penilaian lapangan akan sangat menentukan.

Tim penilai pusat Lomba Juru Pengairan Tingkat Nasional itu, datang ke Payakumbuh, Rabu (1/10). Tim berjumlah lima orang dipimpin Syamsuddin Mansur dari Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PU. Saat penilaian lapangan, tim didampingi Kepala Dinas PSDA Sumbar Ali Musri dan Plt. Kadis PU Payakumbuh  Muslim serta sejumlah pejabat Dinas PU lainnya. Objek kunjungan lapangan tim, daerah irigasi Sungai Dareh, daerah  irigasi Bulakan, daerah irigasi Batang Sikali dan  daerah irigasi Banda Darek.

Sebelum turun ke lapangan, melihat objek penilaian daerah kerja Kalimus, tim diterima Walikota Payakumbuh Riza Falepi di Balaikota Payakumbuh.  Dalam temu ramah itu, terungkap, kalau Kalimus sudah berada di urutan kedua. “Jika nilai lapangan Kalimus lebih baik dari dua kompetitor lainnya, selangkah lagi wakil Sumatera Barat ini, akan tampil sebagai pemenang,” ucap ketua tim Syamsudin.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi dan Kepala Dinas PSDA Ali Musri, mengaku senang dengan prestasi yang diukir Kalimus, untuk mengharumkan nama Sumatera Barat di tingkat nasional. Menurut walikota, meski Payakumbuh merupakan daerah perkotaan, tapi alamnya masih deso. Karena itu, bidang pengairan sangat menjadi prioritas, terutama dalam memelihara dan membangun jaringan irigasi. Dalam hal ini, tenaga juru pengairan di Payakumbuh,  menjadi perhatian pemko, sebut Riza.

Di Payakumbuh, tambahnya, luas layanan irigasi sudah mencapai 25.210 hektar sawah dan  dilewati 70 daerah irigasi (DI). Dari 70 DI  itu,  65 DI menjadi tanggung jawab Pemko Payakumbuh dan 5 DI tanggung jawab Pemprov Sumbar. Sementara itu, Dinas PU punya 1 pengamat pengairan, 4 juru pengaiaran dan 32 petugas lapangan.(malin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas