Jurusan Teknik Elektro UNP Bina Peternak Ayam di Palembayan

Agam, PADANG-TODAY.com-Guna meningkatkan produktivitas pembibitan ayam dan itik petelur,jurusan Teknik Elektro FT UNP mengembangkan mesin tetas telur tenaga suryauntuk peternak ayam dan itik di Nagari Salareh Aia Kecamatan PalembayanKabupaten Agam.

Sosialisasi Kegiatan Pengabdian di Pondok pesantren Jamaatul Muslimin
Sosialisasi Kegiatan Pengabdian di Pondok pesantren Jamaatul Muslimin

Kegiatan ini dilakukan dalam Program Pengabdian Masyarakat pengembangan nagari binaan yang didanai oleh Universitas Negeri Padang. Sosialisasi dilaksanakan Senin (17/12/2018) di Pondok Pesantren Jamaatul Muslimin SalarehAia.

Ketua pelaksana, Dr. Muldi Yuhendri mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan selama tiga tahun yang dimulai tahun 2018 ini. Program pengabdian masyarakat Nagari binaan di Nagari  Nagari Salareh Aia Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam bertema “Pengembangan Sentra Peternakan AyamKampung Super dan Itik Petelur Berbasis Tenaga Surya.”

Kandang ayam terpadu yang dibuat tahun pertama
Kandang ayam terpadu yang dibuat tahun pertama

Pada tahun pertama ini dilakukan pembuatan kandang ayam terpadu untuk pembibitan ayam kampung super, tahun kedua akan dilakukanpembuatan mesin tetas telur tenaga surya untuk pembibitan ayam kampung super, sedangkan tahun ketiga akan dilakukan pembuatan kandang terpadu dan mesin tetas tenaga surya untuk itik petelur.

Kegiatan ini difokuskan untuk dua kelompok peternak, yaitu Kelompok Peternak Ayam Babussalam untuk pengembangan ayam kampung superdan Kelompok Peternak Pondok Pesantren Jamaatul Muslimin untuk pengembangan itik petelur.

Dalam sosialisasi kegiatan yang diadakan pada hari Senin, 17 Desember 2018 di Pondok Pesantren Jamaatul Muslimin Salareh Aia. Ketua jurusan Teknik Elektro UNP, Drs. Hambali, M.Kes mengharapkan agar kegiatan ini dapatmencapai target yang diharapkan.

Targetnya adalah lahirnya unit usaha bidang pembibitan ayam kampung super dan itik petelur di Nagari Salareh Aia. Wali Nagari Salareh Aia Iron Maria Edi SP menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Universitas Negeri Padang yang telah memilih Nagari Salareh Aia sebagai salah satu mitra nagari binaan untuk program pengabdian masyarakatnya.

Wali Nagari juga mengharapkan agar kerjasama ini dapat berlanjut untuk program-program lain yang dapat dibina oleh UNP.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas