Kabid PU Austin Amerika, Ny Yuejiao Liu Kunjungi Pemko Padang

Yuejiao Liu Foto Bersama Asisten I Wedistar, Kabag Pemerintahan Desmon Danus dan Staf Humas Pemko Padang.

Yuejiao Liu Foto Bersama Asisten I Wedistar, Kabag Pemerintahan Desmon Danus dan Staf Humas Pemko Padang.

Advertisements

Padang,PADANGTODAY.COM -Pemerintah Kota (Pemko) Padang terus mewujudkan upaya kerja sama baik secara nasional dan internasional. Seperti kali ini, Kepala Bidang (Kabid) Pekerjaan Umum (PU) dari Pemerintah Kota Austin, Texas Amerika Serikat, Ny Yuejiao Liu yang tengah melakukan kunjungannya ke Pusat Pemko Padang di Balaikota Aie Pacah pada Kamis (28/8).

Kunjungan tersebut merupakan balasan terhadap Pemko Padang serta ingin melihat secara langsung seputar kegiatan Pemko Padang yang tentunya menjadi bahan studi banding baginya.

Yuejiao Liu disambut Asisten I Wedistar, Kabag Pemerintahan Desmon Danus menyampaikan, beberapa hal seperti ingin mengetahui kondisi masyarakat di Kota Padang, ia pun menyampaikan rasa keingin tahuannya terhadap berbagai rutinitas kerja Walikota bersama Wakil Walikota, para pimpinan SKPD dan seluruh ASN.

“Dalam kesempatan ini, saya sengaja mengunjungi Bagian Humas dan Protokol di Pemko Padang yang kalau di Austin bagian ini adalah suatu Dinas Informasi Publik. Namun untuk tugas pokok dan sistem bekerjanya sama yaitu bekerja 24 jam. Karena dinas ini dengan berbagai bidangnya memiliki peran penting terhadap kemajuan pembangunan suatu daerah. Yang selalu memberikan informasi dan komunikasi baik di pemerintahan dan juga bagi masyarakat,” jelas Ny Yuejiao Liu.

Katanya,dinas ini begitu maju saat ini karena menjadi pusat informasi, komunikasi yang terus mensosialisasikan seputar perkembangan suatu daerah kepada masyarakat. Di samping itu, kerja sama dengan berbagai jenis media juga dilakukan selain memiliki media cetak, TV humas dan radio humas sendiri.

“Jadi dengan adanya media sendiri, masyarakat dari golongan manapun berhak mengajukan berbagai jenis permintaan informasi ke humas tentang apa saja. Misalnya kondisi keuangan daerah bulan ini, berapa pajak yang masuk, kemana saja alokasi anggaran untuk masing-masing dinas bisa disediakan kepada masyaraka. Untuk itu, atas keterbukaan informasi yang transparansi dan countibility di Austin menurut saya sangat efektif apabila diterapkan di Kota Padang ini. Karena itu, jadi seluruh lapisan masyarakat bisa menentukan jalannya pemerintahan ke arah yang baik,” ujarnya.

Ketika ditanyakan apa saja isi program TV dan radio Humas yang bernama ETSN Liu pun menyebutkan yaitu TV ini menyiarkan kegiatan walikota, rapat staf dan berbagai apa saja kegiatan SKPD.

Dengan adanya media ini humas lebih berdaya karena punya sumber daya sendiri serta masyarakat terbantu dengan bisa melihat kegiatan secara jelas langsung.

Asisten I Wedistar mengatakan, kedatangan Kabid PU dari Pemerintah Kota Austin ini difaslititasi Asosiasi Pemeintah Kota Se Indonesia (Apeksi) yang bekerja sama dengan Pemerintah Kota Austin di Texas Amerika.

Kunjungan ini bertujuan untuk menjajaki sebuah peluang kerja sama dengan prinsip semacam dukungan ekonomi bagi Indonesia dalam hal ini khsususnya Kota Padang.

“Kita berharap kunjungan ini bisa langkah awal bagi Pemko Padang untuk terus menjalin kerja sama dengan negara luar untuk menghadapi Asean Terbuka pada 2015 mendatang. Atas penyampaian Ny Yuejiao Liu tadi tentu kita berharap agar Kota Padang bisa menyamai perkembangan Kota Austin. Seperti Bidang Industri, pariwisata di sana yang terus tumbuh dan berkembang. Selain itu,Pemko Padang tentu berupaya agar bukan hanya produk luar yang datang ke Indonesia tetapi produk kita juga bisa keluar dan bermanfaat bagi negara lainnya,” tutup Wedistar. (can)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*