Kabupaten Agam Perdana Sosialisaikan Raskin Tahun 2015 di Sumatera Barat

 

Advertisements

AGAM, PADANGTODAY.com-Guna mempertajam sasaran penerima manfaat pada tahun 2015, Pemerintah Kabupaten Agam menggelar sosialisasi raskin yang diikuti oleh 127 peserta di Aula kantor Bupati Agam, Kamis (5/3).

Menurut Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Agam, Isman Imran, program Raskin sangat stategis jika dikelola secara lintas sektoral baik vertikal maupun orizontal.

“Pemerintah pusat berperan membuat kebijakan sedangkan pelaksananya adalah pemerintah daera. Oleh karena itu, peran Pemkab sangatlah penting dalam hal ini, sehingga enam sasaran dapat terwujud,yakni, tepat sasaran, penerima manfaat, tepat harga, tepat waktu, tepat adminstrasi dan tepat kwalitas, ” kata Isman Imran.

Ditambahkannya, Program Raskin merupakan salah satu program penanggulangan kemiskinan kluster I berbasis keluarga, sehingga Raskin mempunyai multifungsi dan memperkuat katahanan pangan keluarga miskin.

Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Agam, Hendri G menjelaskan, pagu Raskin untuk Kabupaten Agam sebanyak 4.722.300 kg untuk 26.236 RTS-PM. Setiap bulan pagu Raskin ini sebanyak 393.525 kg dan masing masing RTS mendapatkan Raskin sebanyak 15 kg dengan harga Rp 1.600 perkilogram di titik distribusi.

Jadi sasarannya secara nasional tahun 2015, berkurangnya beban pengeluaran 15.503.897 RTS dalam mencukupi kebutuhan pangan beras melalui penyaluran beras bersubsidi dengan alokasi 15 kg/RTS/bulan.

Disamping itu, Tim Pemantau Indenpenden Penyaluran Raskin Provinsi Sumbar dari Universits Andalas, Jon Parlis, mengatakan, saat ini Kabupaten Agam merupakan salah satu wilayah percontohan atau rujukan bagi daerah lain dalam mendistribusikan raskin. Lalu pendistribusian di Kabupaten Agam sebagai tempat penelitian di Indonesia.

“Kita bersyukur, saat ini Kabupaten Agam merupakan yang pertama kali di Sumatera Barat melaksanakan sosialisasi Raskin pada tahun 2015, “ujarnya.(martunis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*