Kabut Asap Semakin Menebal di Bukittinggi

Kota Bukittinggi di selimuti kabuit asap

Kota Bukittinggi di selimuti kabuit asap

Bukittinggi,PADANGTODAY.com-Hingga Rabu (17/9) Kabut asap di Kota Bukittinggi semakin menebal, dengan jarak pandang kurang dari satu kilometer.Dari pengukuran yang dilakukan Global Atmospheric Watch (GAW) atau Stasiun Pemantau Atmosfir Global di Bukik Koto Tabang-Sumatera Barat pukul 14.14 WIB, kosentrasi harian aerosol atau partikel debu (PM10) telah mencapai 105 mikrogram permeter kubik, dan masih berkategori sedang.

Namun pada pukul 15.27 WIB, kosentrasi PM10 meningkat menjadi 115 mikrogram permeter kubik. Namun kualitas udara masih tetap berkategori sedang. Dikatakan tidak sehat, jika kosentrasi PM10 telah mencapai 151 hingga 350 mikrogram permeter kubik.

GAW juga merilis, sepanjang Rabu (17/9) kabut asap mulai menunjukan gejala peningkatan di beberapa daerah di Sumbar. GAW memprediksi, dari data sumber titik panas Sumatera Selatan yang telah diolah, terlihat Kota Bukittinggi, Kota Padangpanjang dan Solok berada di lintasan kabut asap yang cukup tebal.

Arah pergerakan angin  relatif bergerak dari arah Tenggara menyusuri daratan Pulau Sumatera dan kemudian di dekat ekuator akan berbelok menuju Timur Laut

Kepala GAW Koto Tabang, Edison Kurniawan,menjelaskan,angin bertiup dari arah Barat Daya menuju Timur dengan kecepatan 8 hingga 45 kilometer perjam, sehingga dampak hot spot yang terjadi di selatan Sumatera, mulai Jambi hingga Lampung, termasuk Sumatera Selatan, akan bergerak menuju wilayah Sumbar dan Riau,ujarnya (doni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*