KAN Limbukan Dapat Penghargaan Walikota

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Pengurus dan anggota Kerapatan Adat Nagari (KAN) Limbukan, Kecamatan Payakumbuh Selatan, mendapat penghargaan dari Wali Kota Riza Falepi ST MT bersama Ketua DPRD YB Dt Parmato Alam dan Kadisik H Hasan Basri SY SPd.

Advertisements

Penghargaan itu diserahkan Wali Kota Riza Falepi kepada Ketua KAN Limbukan Thamsil B Dt Sati Nan Mangiang, dalam acara silaturahmi Pemko dan Forum Komunikasi Daerah dengan LKAAM dan KAN 8 Nagari yang diprakarsai Kantor Kesbangpol Payakumuh di Balairung rumah dinas Wali Kota, Senin (17/11) malam.

Ikut mendampingi Riza Falepi menyerahkan penghargaan, Wawako Suwandel Muchtar, Ketua DPRD YB Dt Parmato Alam, Dandim 0306/50 Kota Letkol Inf Trisno Widodo, Kapolresta AKBP Yuliani, Kajari Hasbih, Kadisdik H Hasan Basri SY, Kepala Kesbangpol Elfriza Zaharman dan Camat Payakumbuh Selatan Herlina.

Menurut Riza Falepi, Pemko Payakumbuh memberi penghargaan kepada KAN Limbukan karena telah berpartisipasi aktif dalam pembangunan SMAN 5 di kawasan Tangahpadang, Balaipanjang. Dimana, KAN bersama anak-nagori Limbukan, menyerahkan hibah tanah seluas 9.865 M2.

“Tanpa mengurangi rasa hormat kepada nagari lain yang barangkali juga sudah berpartisipasi dalam mendorong pembangunan dan kepala daerah sebelumnya, kami menyampaikan terimakasih kepada KAN dan anak-nagari Limbukan yang sudah mendukung pembangunan SMAN 5 tanpa meminta ganti-rugi,” kata Riza Falepi.

Di sisi lain, Ketua KAN Limbukan Thamsil B Dt Sati Nan Mangiang yang hadir bersama para Ketua LKAAM IZ Dt Rajo Simarajo dan para Ketua KAN se-Payakumbuh, mengaku tidak menyangka, akan dapat penghargaan. “Sehari sebelum acara ini, kami memang dapat undangan, tapi tak disebutkan kalau KAN Limbukan akan dapat penghargaan,” ucap niniak mimik Sikumbang ini.

Datuak Sati Nan Mangiang bersama pengurus KAN Limbukan menyampaikan komitmen, untuk terus mendukung program pemerintah Kota Payakumbuh. “Selama Payakumbuh berdiri, bukan memuji-muji, baru pada zaman Wali Kota Riza Falepi ini, kami anak-nagari Limbukan merasakan banyak pembangunan. Termasuk SMAN 5 yang sudah lama kami idam-idamkan,” katanya.

Dia juga berharap, Pemko dapat merealisikan rencana pembangunan stadion di Limbukan, sebagaimana sudah dibahas dengan niniak-mamak Limbukan dan pemuka masyarakat, beberapa waktu lalu. Dimana, anak nagari Limbukan sudah menyiapkan lahan seluas 5 hektare.

Selain memberi penghargaan, acara silaturahmi Pemko Payakumbuh dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dengan pengurus LKAAM dan KAN, juga diwarnai dengan penyampaian berbagai aspirasi dari pemangku adat, terhadap pelestarian nilai-nilai adat dan kemajuan Payakumbuh.

Salah satu topik diskusi yang disampaikan, berhubungan dengan keberadaan hukum adat yang diharapkan tidak berbenturan dengan hukum positif. Terutama dalam masalah-masalah yang terkait dengan persoalan) sako-pusako di Payakumbuh.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*