KAN Pakan Sinayan Wakili Agam Pada Penilaian Tingkat Sumatera Barat

Agam, PADANGTODAY.com – Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Nagari (BPMPN) Kabupaten Agam, Welfizar mengatakan, Nagari Pakan Sinayan sebelumnya sudah dinilai oleh tim tingkat kabupaten, dan berdasarkan perolehan totol nilai, maka Nagari Pakan Sinayan ditetapkan sebagai pemenang pertama yang akan mewakili Agam pada penilaian tingkat Sumatera Barat.

Advertisements

“KAN Nagari Pakan Sinayan, Kecamatan Banuhampu memiliki keunikan yang mungkin tidak dimiliki oleh KAN lainnya di Agam. Keunikan itu seperti buek arek nagari, sako dan pusako tentang tanah dan pamenan adat. Buek arek Nagari Pakan Sinayan sangat kompak dan menyatu dalam segala hal yang terjadi di nagari,” ujarnya.

Pamenan adat seperti silek dan kesenian anak nagari lainnya selalu eksis dan terkoordinir. Upaya untuk selalu melestarikan pamenan adat tersebut sudah menjadi program dan imbauan Bupati Agam, Indra Catri. Bahkan orang nomor satu di Agam itu sering turun ke lapangan bersama Ketua IPSI Agam dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menyaksikan pagelaran pamenan adat berupa silek dan lainnya yang ada di kecamatan tersebut.

Keunggulan lain yang dimiliki KAN Nagari Pakan Sinayan yaitu, pembangunan balairong adat dengan dana Rp 1,5 milyar merupakan swadaya yahng dikomandoi KAN. Saat ini pembangunan balairong sudah 75 persen selesai, tetapi sudah dapat dimanfaatkan untuk aktifitas KAN. Sementara pembentukan majelis buek arek nagari dengan tujuan menyikapi dan mencarikan solusi apabila terjadi pelanggaran adat oleh masyarakat dan anak kemenakan. (martunis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*