Kantor Kesbag Pol Linmas Gembleng Pelajar Payakumbuh Dengan Wawasan Kebangsaan

 Wawako Suwandel Mukhtar buka Pendidikan Wawasan Kebangsaan bagi Pelajar SMP dan SMA se Kota Payakumbuh.

Wawako Suwandel Mukhtar buka Pendidikan Wawasan Kebangsaan bagi Pelajar SMP dan SMA se Kota Payakumbuh.

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Kantor Kesbang Pol Linmas Kota Payakumbuh berikan wawasan kebangsaan pada siswa SMP dan SMA se Kota Payakumbuh. Kegiatan membangun rasa Cinta Tanah Air ini merupakan kali kedua dilakukan oleh Pemko Payakumbuh yang bekerjasama dengan Dandim 0306/50 Kota yang diberikan pada para pelajar Kota Batiah. Setelah sebelumnya dilakukan pada bulan Agustus yang lalu. Pendidikan wawasan kebangsaan ini dipusatkan di Aula SMKN 2 Koto Nan Ampek yang dibuka langsung oleh Wakil Walikota Payakumbuh, Suwandel Mukhtar, Kamis (27/11), dihadapan 300 orang pelajar.

Dalam sambutannya, Wawako mengajak seluruh peserta yang mengikuti pendidikan kebangsaan ini agar terus memupuk rasa cinta tanah air dimulai sejak dini. Karena, tambah Wawako, sebuah bangsa yang besar bukan saja bangsa yang kaya dan luas, akan tetapi bangsa yang besar itu memiliki rakyat yang cinta terhadap bangsa itu sendiri.

“Kalau rakyatnya tidak memiliki rasa memiliki terhadap bangsanya, bagaimana mungkin bangsa kita mencapai kemerdekaan tahun 1945 yang lalu. Maka dari itu, mari kita membangun bangsa ini dengan niat yang berlandaskan pada rasa memiliki yang tinggi terhadap bangsa ini,” ujar Wawako.

Sementara itu, dikatakan oleh Kepala Kantor KesbangPol Linmas Payakumbuh, Elfriza Zaharman, kegiatan merupakan komitmen antara Pemko dan Dandim 0306/50 Kota untuk memberikan wawasan kebangsaan pada pelajar, agar rasa cinta tanah air dan rasa memiliki bangsa ini bisa di pupuk sejak dini.

”Agar nanti ketika mereka telah dewasa, mereka juga mempunyai komitmen untuk membesarkan bangsa ini dengan ide-ide dan terobosan mereka nantinya,” ujar Elfriza.

Sebagai narasumber, tambah Elfriza, merupakan orang-orang yang berkompeten dibidangnya. Wawako Suwandel Mukhtar sendiri juga akan memberikan materi, dari Dandim 0306/50 Kota diwakili oleh Kasdim M. Kasni, Danramil 04 Kecamatan Luak Sunarko, Danramil 02 Pangkalan Ariadi, serta Irvan Chanof dari Dinas Pendidikan.

”Nantinya para peserta akan dibekali dengan materi yang disampaikan oleh Narasumber. Kemudian, mereka akan dipecah dalam beberapa kelompok untuk mengikuti kegiatan outbond yang dipandu langsung oleh anggota Kodim 0306 untuk lebih menumbuhkan rasa kerjasama, nasionalisme, dan cinta tanah air,” tutup Elfriza.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*