Kapal Ikan Tenggelam Di Sekitar Perairan Laut Aru

Kapal Ikan

Kapal Ikan

Ambon, PADANGTODAY.COM-Sebuah kapal ikan berukuran kecil KM Bina Usaha dilaporkan tenggelam di sekitar Perairan Pulau Jedan, Aru Utara, Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku. Akibat kecelakaan itu, nahkoda kapal dan tiga orang ABK dinyatakan hilang.

Kepala Polres Kepulauan Aru AKBP Harold Huwae saat dihubungi dari Ambon, Rabu (21/1/2015), membenarkan adanya insiden tersebut. Menurut dia, kapal itu berangkat dari Dobo dengan tujuan Sorong, Papua Barat pada Kamis pekan kemarin. Namun saat berlayar, kapal itu lantas mengelami kebocoran dan akhirnya tenggelam di dekat Pulau Jedan.

“Kapal itu ukurannya kecil saja, itu kapal ikan. Kapal itu memuat lima orang, jadi sampai saat ini yang masih hilang itu empat orang termasuk nahkoda kapal,” ujar dia.

Harold menambahkan, seorang ABK telah ditemukan selamat, dan saat ini telah berada di Dobo, Ibu Kota Kabupaten Aru. Menurut dia, polisi juga telah berkoordinasi dengan TNI Angkatan Laut terkait insiden itu. Selain itu, polisi telah menyampaikan kepada masyarakat pesisir khususnya para nelayan agar dapat membantu pencarian korban.

“Kita sudah koordinasikan dengan pihak AL dan juga masyarakat, dan pihak AL juga sudah meminta kepada kapal-kapal yang melintas di Perairan Aru dapat membantu proses evakuasi jika menemukan empat ABK kapal tersebut,” kata dia.

Sekretaris BPBD Maluku, Kifli Wakano mengaku terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat guna melakukan pencarian terhadap empat korban hilang. “Jadi saat ini masih dilakukan pencaraian terhadap mereka (korban hilang), termasuk warga juga ikut mencari,” ujar Kifli.

Kapal naas tersebut baru diketahui mengalami musibah setelah seorang ABK yang selamat dalam musibah itu melaporkan insiden tersebut ke pemerintah setempat pada Senin (21/12015). ABK yang selamat itu diketahui bernama Yusuf, warga Kota Sorong dan saat ini masih berada di Dobo. (/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas