Kapolda: Pelanggaran Lalin Di Sumbar Meningkat

Padang-today.com – Kapolda Sumbar, Irjen Pol Fakhrizal menyatakan, pelanggaran lalulintas terjadi di wilayah hukum Polda Sumbar meningkat.

“Angka kecelakaan lalulintas di Sumbar setiap hari sebanyak 8 kasus, satu orang meninggal dunia setiap hari,”kata Fakhrizal di Padang.

Berdasarkan survei pelaksanaan kegiatan ini diketahui korban kecelakaan dengan usai 17-35 tahun cukup tinggi, maka perlu diantisipasi untuk mewujudkan target zero accident. Dari data tersebut korban kecelakaan dari generasi milenial,”jelas Fakhrizal.

Dia menambahkan,kecelakaan tersebut mayoritas berasal dari kendaraan roda dua.

“Kami menargetkan di tahun 2020, kecelakaan lalu lintas yang melibatkan millenial harus dibawah 55 persen, kalau bisa di bawah 30 persen,”imbuh Fakhrizal.

    Ia menyatakan, kegiatan Roadshow Milenial Safety Festival ini mengajak generasi milenial untuk mengutamakan keselamatan dengan tertib lalu lintas, sebagai sasaran karena mengingat tingginya angka kecelakaan adalah generasi muda.

“Kegiatan itu ditargetkan dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan generasi millenial atau generasi yang lahir antara tahun 1980 dan 2000, sesuai data korban kecelakaan lalu lintas didominasi dari kalangan millenial, sekitar 55 persen korban adalah millenial,”kata dia.

    Ia menjelaskan, generasi milenial agar membangun budaya tertib lalu lintas dan meningkatkan kualitas keselamatan di jalan serta menurunkan angka korban kecelakaan di jalan.

Disamping itu kegiatan ini diharapkan menjadi icon kepekaan, kepedulian dan bela rasa untuk keselamatan hidup masyarakat.

    “Mari kita wujudkan generasi millenial yang cinta lalu lintas menuju Indonesia gemilang, stop pelanggaran, stop kecelakaan untuj keselamatan hidup manusia,”pungasnya.

    Sementara itu, Kapolresta Padang, Kombes Pol Yulmar Try Himawan membenarkan angka kecelakaan lalulintas sangat meningkat.

“Rata-rata, kaum muda menyumbang angka kecelakaan tertinggi di Padang. Korban kecelakaan rata usia remaja,”kata dia.

   Yulmar berharap kegiatan sosialisasi Millennial Road Safety Festival ini, bisa memberi kesadaran kepada generasi milenial dalam keselamatan berlalu lintas dijalan raya.

    “Sehingga generasi milenial bisa menjadi pelopor keselamatan dalam berlalu lintas dan angka kecelakaan bisa dikurangi,”imbuh dia.(dg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas