Kapolres: Keselamatan Nomor Satu, Bukan Melabrak Rambu-Rambu

Kapolres Payakumbuh AKBP Yuliani

Kapolres Payakumbuh AKBP Yuliani

Advertisements
Anggota DPRD Payakumbuh Maharnis Zul

Anggota DPRD Payakumbuh Maharnis Zul

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Polres Payakumbuh melakukan tindakan prefentif terhdap seluruh lapisan masyarakat Kota Payakumbuh, sejak beberapa bulan ini. Pihak Polres Kota Payakumbuh melakukan tindakan ini selama setengah jam setiap harinya, terutama di jalan raya yang padat arus lalu lintas.

”Mohon maaf kepada masyarakat Kota Payakumbuh, jika merasa terganggu dalam perjalanan. Karena di setiap persimpangan ada petugas Satlantas yang mengatur pengemudi kendaraan bermotor. Tujuannya, untuk melancarkan arus lalu-lintas,” ujar Kapolres Kota Payakumbuh AKBP Yuliani didampingi Kasat Lantas Iptu Hary MP dan Kaur Bin Op Lantas Iptu Amirwan di Mapolres di Jalan Pahlawan Payakumbuh, Jum’at (20/3).

AKBP Yuliani SH mengatakan di pagi hari, tepatnya pada jam anak-anak berangkat ke sekolah, arus lalu lintas sangat padat. Seperti di Simpang Benteng, Simpang Kasda, Labuah Basilang, Kaniang Bukik, Napar dan lainnya.

Pada titik rawan seperti di traffick light, di sana diwajibkan petugas berada di tengah jalan untuk mengatur agar jalan tersebut lancar. Memang petugas tidak memperhatikan trafig light, apakah lampunya merah atau hijau, yang jelas para pengemudi harus mengikuti petunjuk petugas.

Yang jelas petugas Satlantas bekerja di traffick light itu melihat situasi dan kondisi, jika petugas menyuruh jalan terus diwaktu merah, bearti padat kendaraan, sedangkan sebelahnya kurang kendaraan. Ibaratnya tidak seimbang, maka petugas dalam bekerja menyeimbangkan arus lalu lintas.

”Saya contohkan, di Simpang Benteng, di pagi hari, jika pengemudi mengikuti traffick light, dari arah rumah sakit pada lampu hijau, mereka lurus saja ke arah Raudatul Djannah (RJ) untuk mengantar anaknya ke sekolah. Padahal, di lampu merah sudah berpuluh-puluh kendaraan menunggu lampu hijau, inilah yang menyebabkan macet,” papar Kapolres AKBP Yuliani SH.

Atas dasar itulah Polres Kota Payakumbuh melakukan tindakan preventif di pagi hari, sehingga tidak terjadi lagi kemacetan, bukan menyuruh pengemudi melabrak rambu-rambu lalu lintas. Di Kota Payakumbuh, keselamatan adalah nomor 1,” tegas Kapolres .

Terpisah, Ketua Pansus III DPRD Kota Payakumbuh, H Maharnis Zul, mengatakan, sependapat dengan Kapolres Kota Payakumbuh bersama jajarannya, dalam pembahasan ranperda LLAJ. Sebetulnya, kami telah mengundang Kapolres beberapa hari yang lalu, namun dalam kesempatan itu Kapolres bersama anggotanya sedang ada kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan.

”Meskipun demikian, sebelum Ranperda LLAJ ketok palu, kami akan melakukan rapat kerja dengan Kapolres bersama jajaranya. Secara lisan kami telah menghubungi Kaur Bin Op lantas Iptu Amirwan,” ujar Maharnis Zul.(Dodi Syahputra)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*