Karamnya Kapal Wisata Bahari

Darmaga Kapal Wisata  Kota Pariaman

Darmaga Kapal Wisata Kota Pariaman

Advertisements
Pariaman,PADANG-TODAY.COM__Pengunjung Festifal Pesona Gandoriah Pariaman yang mengunjungi pulau angso duo diterjang badai. Kapal wisata pulau yang bermuatan lebih lima belas orang itu tenggelam dihantam gelombang setinggi 3 meter, sehingga parawisatawan yang hendak ke pulau tersebut terpaksa di evakuasi ke kapal lainnya, Minggu 29-05-2016 di Pantai Gandoriah Pariaman.

Tenggelamnya kapal wisata tersebut dari pantauan wartawan di lapangan terjadi sekitar pukul 10.20 WIB di Pantai Gandoriah yang saat itu mengelar Festival Pesona Gandoriah tahun 2016. Penumpang berjumlah 20 orang tersebut berhasil dievakuasi oleh Tim Rescue BPBD Kota Pariaman bersama masyarakat setempat.

Sebut saja Rina (40) salah satu pengunjung Festifal Pesona Gandoriah yang berasal dari Kota Padang ini menuturkan kepada wartawan, ia bersama keluarga ingin menikmati Festifal Pesona Gandoriah yang digelar di Pantai Gandoriah ini, dan ingin menikmtai wisata bahari yaitu mengunjungi Pulau Angso Duo. Namun yang didapati adalah nasib sial, karena kapal yang dinaiki keluarganya tenggelam di perairan pantai tersebut.

“Kami sekeluarga dari Padang ingin menyaksikan Festifal Pesona Pantai Gandoriah Pariaman yang digelar dipantai ini, salah satu anak Saya ingin menikmati indah wisata bahari yaitu Pulau Angso Duo. Namun dalam hal ini naas bagi anak saya, karena kapal yang ia naiki tenggelam dihantam badai,” ungkap Rina.

Melihat kapal mulai oleng, jelas Rina, ia mendengar adanya teriakan histeris dari kapal tersebut, dan suara itu mirip dengan anak gadis saya yang menaiki kapal tersebut. Dan tidak begitu lama kapal tersebut langsung tenggelam, sehingga para wisata yang dikapal tersebut dapat di evakuasi dengan selamat.

“Untung saja tenggelamnya hanya belasan meter dari bibir pantai, jika tidak saya sendiri tidak bisa membayangkan apa yang akan terjadi terhadap anak saya,” ucap Rina.

Dipihak lain, Syafruddin (45) warga Pasir Pariaman yang terlibat dalam proses evakusi mengatakan tenggelamnya kapal wisata tersebut disebabkan dengan buruknya cuaca dan ditambah dengan kondisi kapal yang tidak layak digunakan, jelasnya.

Evakuasi dilakukan, kata Syafruddin, Kapal naas tersebut mulai oleng dan dipenuhi oleh air, dan semua penumpang mulai panik dan berteriak minta tolong. Melihat kondisi tersebut kapal wisata lainya mencoba untuk membantu untuk melakukan evakuasi dalam penyelamatan wisata ke Pulau Angso Duo tersebut, sehingga penumpang dapat diselamatkan, dan kapal yang dinaiki para wisata tersebut tenggelam.

“Mulanya datang bantuan satu kapal wisata untuk melakukan evakuasi. Selama proses pemindahan penumpang, kapal naas tersebut miring ke kanan dan rebah. Kapal dipenuhi air membuat penumpang panik,” kata Syafruddin.

Dijelaskan, pada saat kapal dinaiki oleh para wisata bahari tersebut, kondisi kapal sudah terlihat bocor. Namun para pemilik kapal tersebut tetap saja membawa wisata ke Pulau Angso Duo.

“Kapal itu bocor saat dinaiki, pada saat melakukan evakuasi mulanya 17 penumpang berhasil pindah kapal menyisakan tiga penumpang lagi, seorang ibu-ibu, satu lelaki dan satu perempuan usia sekitar 12 tahun,” kata Syafruddin.

Tak lama kemudian, tambahnya, bantuan datang dari pihak BPBD dengan menurunkan jetsky dan kapal evakuasi dari Pemko Pariaman. Bahkan, ada beberapa warga yang di pinggir pantai berenang untuk melakukan penyelamatan bagi wisata yang menaiki kapal naas tersebut, terangnya.

“Alhamdulillah semua penumpang selamat. Di atas kapal juga ada rompi apung,” jelas dia.

Sementara Wakil Walikota Pariaman Genius Umar menegaskan kepada pengusaha kapal wisata agar dapat mengindahkan aturan yang telah dikelaurkan oleh pihak Pemko Pariaman. Selain itu, Genius Umar akan menindak tegas pengusaha kapal wisata ke pulau yang tidak menaikan dan menurunkan penumpang di Pantai Gandoriah yang telah ditentukan dan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.

“Peristiwa ini momentum. Mulai besok tidak boleh satu pun kapal menaikan penumpang selain di dermaga. Kita juga akan proses secara hukum pemilik kapal karam,” tegas Genius. (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*