Kasmudi Ditunjuk jadi Ketua DPRD Kabupaten Solok

.

Advertisements

* Gantikan Hardinalis yang Berangkat Ibadah Haji

SOLOK, PADANG-TODAY.COM

Keinginan anggota DPRD Kabupaten Solok Kasmudi Z menjadi Ketua DPRD akhirnya “kesampaian”. Meski hanya sebagai pelaksana tugas (Plt), Kasmudi akan menjadi Ketua DPRD Kabupaten Solok sejak 4 Agustus hingga 23 September 2016 mendatang. Sebelumnya, Kasmudi merupakan calon terkuat Ketua DPRD usai pemilihan legislatif (Pileg) tahun 2014 lalu. Saat itu, Kasmudi yang tiga periode terpilih sebagai anggota DPRD, “disingkirkan” oleh Hardinalis yang baru pertama kali terpilih sebagai anggota DPRD Kabupaten Solok. Penunjukan Hardinalis saat itu pun menimbulkan riak, disebabkan Partai Golkar yang sangat berpengalaman, tidak menunjuk orang yang berpengalaman untuk mengisi jabatan BA 2 H.

Penunjukan Kasmudi saat ini dilakukan karena Hardinalis akan menunaikan ibadah Haji, yang menurut jadwalnya akan berangkat Tanggal 9 Agustus 2016 mendatang.

“Insyaallah, saya berangkat Haji masuk kloter 2 keberangkatan BIM dari Kabupaten Solok,” kata Hardinalis.

Hardinalis mengatakan, sesuai PP Nomor 16 Tahun 2010 tentang pedoman penyusunan Peraturan DPRD tentang Tata Tertib (Tatib) DPRD dan Tatib DPRD Nomor 1 Tahun 2014 Pasal 3 yang menyebutkan, jika salah seorang pimpinan DPRD berhalangan sementara lebih dari 30 hari, maka Partai Politik (Parpol) asal pimpinan DPRD mengusulkan salah seorang anggota DPRD yang berasal dari partai politik Ketua DPRD tersebut untuk melaksanakan tugas pimpinan DPRD yang berhalangan sementara.

Kamudi sendiri mengaku siap menggantikan tugas Ketua DPRD sementara hingga pimpinan DPRD kembali bisa melaksanakan tugas di DPRD Kabupaten Solok.

“Walaupun waktunya tak sampai 2 bulan, tapi ini amanah dan tanggungjawab besar yang mesti saya emban,” katanya.

(RIJAL ISLAMY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*