Kebiasaan Mendengkur Bisa Mengganggu Kesehatan

sulit-hentikan-kebiasaan-mendengkur-ini-sebabnya
PADANGTODAY.com-Kebiasaan mendengkur tak hanya mengganggu kualitas tidur Anda, tetapi juga bisa mengganggu kesehatan. Meski begitu, kebiasaan mendengkur terkadang tak bisa diatasi dengan mudah. Banyak orang yang sudah berusaha menghentikan kebiasaannya mendengkur, namun hasilnya nihil. Lantas, apa yang menyebabkan kebiasaan mendengkur sulit dihentikan?

Advertisements

Peneliti baru-baru ini menemukan satu alasan yang bisa mempengaruhi kebiasaan mendengkur Anda. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa kebanyakan orang yang sulit menghentikan kebiasaan mendengkur memiliki lidah yang besar dan tebal.

Sejak lama sudah diketahui bahwa obesitas dan kelebihan berat badan bisa meningkatkan risiko apnea tidur yang berujung pada kebiasaan mendengkur. Ini karena saluran udara terhambat. Peneliti memperkirakan penyebabnya adalah leher yang terlalu besar. Namun penelitian terbaru menunjukkan bahwa kebiasaan mendengkur yang sulit hilang juga bisa disebabkan oleh lidah yang terlalu tebal dan besar.

Peneliti di Amerika Serikat menemukan bahwa orang obesitas yang memiliki apnea tidur dan kebiasaan mendengkur berkemungkinan memiliki lemak pada lidah mereka, yaitu pada bagian pangkal yang menyebabkan lidah mereka lebih besar dan tebal dibandingkan dengan orang yang tidak obesitas, seperti dilansir oleh Daily Mail (01/10).

Lidah yang terlalu gemuk akan mencegah otot lidah untuk memposisikan lidah menjauh dari saluran udara. Ini akan menyebabkan kebiasaan mendengkur karena saluran udara tersumbat. Hasil ini menurut peneliti juga memberikan tambahan penjelasan terkait obesitas dan apnea tidur.

Jika hal ini tak segera diatasi, mendengkur akan berimbas pada munculnya apnea tidur yang bisa memicu berbagai macam penyakit seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes tipe-2, stroke, dan depresi.

Selanjutnya peneliti akan melakukan percobaan apakah dengan menghilangkan lemak pada lidah dan membuat lidah lebih kecil akan mengatasi kebiasaan mendengkur. Jika ini terbukti, maka operasi lemak pada lidah bisa menjadi salah satu perawatan yang dilakukan untuk mengatasi apnea tidur dan menghentikan kebiasaan mendengkur.(dil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*