Kebiasaan Merokok Bisa Membuat Pria Kehilangan Kromosom Y

Ilustrasi Pria Merokok

Ilustrasi Pria Merokok

Advertisements

PADANGTODAY.COM – Telah lama peneliti mengaitkan kebiasaan merokok dengan berbagai masalah kesehatan, mulai dari masalah paru-paru hingga kanker. Namun kali ini peneliti kembali menemukan efek buruk dari kebiasaan merokok untuk pria.

Penelitian dari Uppsala University, Swedia, mengungkap bahwa kebiasaan merokok bisa membuat pria kehilangan kromosom Y saat mereka semakin menua. Lantas, apa yang terjadi ketika pria kehilangan kromosom Y pada sel darah mereka?

Kehilangan kromosom Y bukan hal yang bisa diremehkan. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa hilangnya kromosom Y bisa memicu beberapa jenis kanker dan bisa mempercepat kematian pada pria.

Karena hanya pria yang memiliki kromosom Y, maka hasil penelitian ini kemungkinan juga memberikan penjelasan mengapa pria memiliki risiko lebih besar terkena kanker akibat kebiasaan merokok. Selain itu, ini juga menjelaskan mengapa pria yang menjadi perokok berat berisiko memiliki usia yang lebih pendek.

“Di samping berbagai faktor yang kami teliti, seperti usia, tekanan darah, diabetes, kebiasaan minum alkohol, dan merokok, kami menemukan bahwa hilangnya kromosom Y pada sel darah lebih banyak ditemukan pada pria yang merokok dibandingkan dengan pria yang tak merokok,” ungkap peneliti Lars Forsberg.

Perokok berat mengalami hilangnya kromosom Y lebih daripada perokok biasa. Selain itu, hal ini tak hanya ditemukan para orang yang merokok, namun juga pada orang yang pernah merokok dan sudah berhenti. Meski begitu, peneliti belum mengetahui dengan pasti mengapa kebiasaan merokok yang menghilangkan kromosom Y bisa memicu kanker dan memperpendek usia pria.

Salah satu kemungkinan yang diungkap oleh peneliti adalah bahwa sel kekebalan tubuh yang sudah kehilangan kromosom Y akan kehilangan kemampuan mereka untuk menghalau penyakit, termasuk mencegah kanker. Hasil penelitian ini setidaknya memberikan para pria satu alasan lagi untuk mulai berhenti merokok sekarang juga.

(kun/**)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*