Keindahan Alam Bawah Laut Semakin Rusak Akibat Bahan Peledak

Keindahan bawah laut Indonesia

Keindahan bawah laut Indonesia

Advertisements

PADANGTODAY.COM– Keindahan alam bawah laut Indonesia kian hari semakin rusak. Penangkapan ikan dengan menggunakan bahan peledak masih terus terjadi di berbagai wilayah perairan nusantara. Para pelaku, seakan tidak tahu dampak ledakan yang menimpa berbagai jenis kekayaan hayati laut Indonesia. Secara membabi buta, mereka tidak peduli apakah itu wilayah konservasi atau tidak.

Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar Sulawesi Selatan, Saiful Arif mengatakan kasus terakhir yang berhasil diungkap adalah pemboman ikan di salah satu surga hayati laut Indonesia di Kepulauan Takabonerate. “Terakhir kasus 2013, pelaku pemboman itu merupakan nelayan Malaysia,” ujarnya di Sulawesi Selatan, beberapa waktu lalu.

Menurut dia, penangkapan ikan menggunakan bahan peledak berdampak besar dan merugikan sektor perikanan serta pariwisata. Pasalnya, dengan menggunakan tidak hanya menghancurkan ekosistem dan sumberdaya laut, pengeboman juga menghancurkan sumber kehidupan dan ekonomi masyarakat Kepulauan Takabonerate.

“Bahkan bahan baku pembuatan bom ikan berupa pupuk matahari diduga diperoleh dari penyelundupan oknum keamanan Malaysia juga,” jelas dia.

Dia bercerita, kini nelayan Malaysia semakin cerdik menggunakan bom. Dengan detonator jarak jauh, pengeboman ini melibatkan tim kecil, dalam satu kapal tim ada delapan orang. Dalam sekali bom mereka biasa memperoleh 5 -10 ton ikan. Guncangan bom bisa mencapai radius 50 meter dan mematikan ikan yang terkena guncangan.

“Setelah mereka mengebom, mereka dengan sengaja menaruh uang di kapal, ini kan menghina negara kita,” ungkapnya.

Untuk itu dirinya memberikan alternatif mata pencarian bagi nelayan di wilayah tersebut, yaitu melalui usaha perkebunan kelapa. Selain itu pihaknya terus berkoordinasi dengan TNI AL dan pihak terkait lainnya untuk melakukan patroli dan menindak lanjuti informasi dari masyarakat apabila ada kegiatan ilegal di perairan Laut Sulawesi.

(idr/uil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*