Keinginan Lee Chong Wei Membutuhkan Sedikit Kebaikan Hati Dari Indonesia

Lee Chong Wei

Lee Chong Wei

Kuala Lumpur, PADANGTODAY.COM-Keinginan Lee Chong Wei untuk memenuhi ambisinya menjadi juara dunia pertama dari Malaysia tampaknya membutuhkan sedikit kebaikan hati dari Indonesia sebagai tuan rumah kejuaraan dunia.

Saat ini, Lee Chong Wei tidak lolos dalam kualifikasi Kejuaraan dunia karena menempati peringkat 45 dunia. Setiap negara hanya berhak mengirimkan dua wakil di setiap nomor dua pemain lainnhya, Chong Wei Feng (31) dan Zulfadli Zulkiffli (41) dianggap lebih berhak.

Namun pihak asosiasi bulu tangkis Malaysia (BAM) justru menginginkan Lee Chong Wei yang berangkat karena memiliki peluang lebih besar untuk menjadi juara. Mereka akan menunggu hingga 14 Mei untuk mengambil keputusan.

Keputusan ini sangat sulit buat BAM karena pencoretan Zulkiffli akan mengesankan adanya kesan pilih kasih yang berpengaruh pada suasana Pelatnas di Malaysia. Selama ini bulu tangkis nasional Malaysia terganggu dengan isu diskriminatif pemain, termasuk berkaitan dengan isu rasialis.

Namun nasib Lee Chong Wei bisa diselamatkan oleh federasi bulu tangkis dunia (BWF) dan Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) selaku panitia penyelenggara kejuaraan dunia di Jakarta, 10-16 Agustus mendatang.

Ketua bidang luar negeri PBSI, Bambang Roedyanto tidak menampik kemungkinan pihaknya akan menawarkan status wild card kepada Chong Wei untuk menaikkan kualitas kejuaraan. “Bisa saja kita memberikan hal itu kepada Chong Wei. Tetapi kita harus tanya BWF dulu. BAM juga harus mengajukan permintaan secara tertulis apabila mereka menginginkan wild card buat Chong Wei.”

Mantan pemain Malaysia, Kwan Yoke Meng yakin pihak BWF akan memberikan fasilitas tersebut kepada Chong Wei. “BWF pernah melakukan hal ini sebelumnya. Mereka memberikan kepada Lin Dan dalam kejuaraan dunia di Guangzhou 2013, meski dia absen selama satu tahun. Mereka tahu ini akan merupakan daya tarik penonton.”

“Dengna hadirnya Lee Chong Wei, kejuaraan dunia ini akan lebih menarik. Ini akan menjadi situasi win-win buat BAM, PBSI dan BWF serta para penggemar bulu tangkis.”

(thestar.com/mms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas