Kejar Target Swasembada, Irfendi Canangkan Tanam Serentak

Kejar Target Swasembada, Irfendi Canangkan Tanam Serentak

Kejar Target Swasembada, Irfendi Canangkan Tanam Serentak

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Kabupaten Limapuluh Kota telah surplus beras sebanyak 80 ribu ton. Untuk mempertahankan capaian ini, petani diharapkan bisa melakukan percepatan tanam.

Demikian Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi dalam sambutannya pada acara pencanangan gerakan tanam serentak dalam upaya percepatan tanam di hamparan Sawah Bandang Nagari Koto Tuo Kecamatan Harau, kemaren.

“Kita berharap para petani terus berkontribusi aktif melakukan percepatan tanam buat peningkatan ekonomi petani itu sendiri sekaligus mendukung ketersediaan beras nasional,” ungkap Irfendi dihadapan ratusan petani yang tergabung dalam sejumlah kelompok tani di Sawah Bandang.

Diakui Irfendi, target tanam Kabupaten Limapuluh Kota seluas 53 ribu hektar belum terealisasi karena daerah ini mengalami kekurangan hujan yang mengakibatkan tertundanya penanaman tahun 2016 seluas 13 ribu hektar. Hal ini hendaknya bisa disikapi kelompok tani dengan melaksanakan pengairan persawahan dengan memanfaatkan mesin pompanisasi bantuan Pemkab Limapuluh Kota.

“Untuk mengatasi masalah pengairan ini, kita mengajak kelompok tani bisa memanfaatkan mesin pompanisasi bantuan Pemkab Limapuluh Kota yang telah ada,” tutur Irfendi yang dianggukan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (Distanhorbun) Ir. Aprizul Nazar.

Menyimak realisasi tanam tahun 2017 di daerah ini yang masih di bawah target, Irfendi mengajak berbagai pihak terutama pihak petani segera memburukan tanam. Dalam kesempatan itu Irfendi juga mengapresiasi dan menyampaikan penghargaan kepada Dandim 0306/50 Kota Letkol Inf Herry Sumitro, S.Pd beserta jajaran Kodim 0306/50 Kota yang telah terlibat secara langsung dalam penyelenggaraan UPSUS tanam serentak ini.

“Kita mendukung dan mengapresiasi, kegiatan UPSUS Swasembada Pangan padi yang diselenggarakan kelompok tani bersama TNI ini. Sekali lagi, kita berterimasih kepada jajaran Korem 032/Wirabaraja dan Kodim 0306/50 Kota,” ujar Irfendi.

Pada bagian lain Kepala Distan Horbun Aprizul Nazar menyebut, dengan terlaksananya peningkatan luas tanam, dapat diharapkan adanya peningkatan produksi yang berdampak terhadap peningkatan pendapatan petani dan suksesnya Upsus Swasembada pangan. Karenanya, petani perlu terus didorong melakukan percepatan tanam hingga target tanam tercepai.

Ikut hadir dalam acara itu Kepala Dinas Pertanian Propinsi Sumbar diwakili Dadang, perwakilan dari Korem 032/Wirabaraja, Dandim 0306/50 Kota Letkol Inf Herry Sumitro, S.Pd serta Kapolres Limapuluh Kota AKBP Bagus Suropratomo Oktobrianto, S.Ik.

Usai acara pencanangan tanam serentak itu, Bupati Irfendi juga mendapatkan kejutan hadiah kue setahun kepemimpinannya dari sejumlah kelompok tani di Sawah Bandang. Tidak saja menyuguhi kue, seratusan anggota kelompok tani bernyanyi selamat ulang tahun dan meminta Irfendi meniup lilin yang menandai setahun kepemimpinannya di hadapan Dandim Herry Sumitro dan Kapolres Bagus Suropratamo Oktobrianto.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*