Kelas Jabatan Ciptakan ASN yang Berintegritas

Padangpanjang, TODAY—Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Barat bekerja sama dengan Pemerintah Daerah kota Padangpanjang gelar Sosialisasi Penerapan Kelas Jabatan dalam Sistem Merit Manamen ASN di aula hotel pangeran, Kamis (21/11).

Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Yas Edizarwin, SH mengatakan sama-sama diketahui bahwa, dengan ditetapkannya UU No 5 Tahun 2014 tentang ASN, telah terjadi perubahan yang mendasar dalam hal manajemen dan paradigma pembinaan PNS.

Fungsi dan peran PNS sebagai ASN secara nyata mengarah kepada perencana, pelaksana dan pengawas penyelenggaraan tugas umum pemerintahan dan pembangunan nasional.

“Mengacu pada UU tersebut maka seharusnya tidak ada lagi ASN yang lalai dalam pekerjaannya. Setiap ASN wajib memahami tugas pokok dan fungsi masing-masing sesuai amanah yang di tugaskan kepadanya, serta perlu dibuktikan secara nyata”, ujarnya.

Sedangkan kelas jabatan adalah kedudukan yang menunjukkan tingkat seorang ASN dalam rangkaian susunan instansi pemerintah, yang meskipun berbeda dalam hal jenis pekerjaan, tapi cukup setara dalam tingkat kesulitan dan tanggung jawab.

“Pemerintah kota Padangpanjang telah menyampaikan hasil evaluasi jabatan kepada Kemenpan RB serta telah di validasi dan di setujui. Serta akan di tetapkan dengan keputusan kepala daerah,” pungkasnya Yas.

Kepala Bagian Organisasi Setdako Kota Padangpanjang Ade Navrita Anas, SP, MP, menyebut kegiatan tersebut merupakan upaya membangun ASN yang memiliki integritas, profesional, netral dan bebas dari intervensi politik, bersih dari praktik korupsi, kolusi dan nepotisme, serta mampu menyelenggarakan pelayanan publik bagi masyarakat.

“Kegiatan ini guna mensosialisasikan hasil evaluasi jabatan di lingkungan pemerintah kota Padangpanjang sebagai bahan dalam penataan manajemen ASN,” ungkap Ade

Turut hadir Kepala Bagian Kelembagaan dan Analisis Jabatan Biro Organisasi Sekretatiat Daerah Provinsi Sumatera Barat Andri Pramuhardana, S.STP, M.Si dan diikuti oleh Sekretaris dan Sub Bagian Umum OPD se-Kota Padangpanjang. (ka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas