Kelebihan dari Kamera Galaxy S6

Staf Samsung mendemonstrasikan kamera Galaxy S6 dalam acara di Barcelona, Spanyol (1/3/2015).

Staf Samsung mendemonstrasikan kamera Galaxy S6 dalam acara di Barcelona, Spanyol (1/3/2015).

Advertisements

PADANGTODAY.COM-Bicara soal smartphone, tentu tak lepas dari soal kamera. Fitur ini pula, antara lain, yang mendapat penekanan dari Samsung pada ponsel pintar terbarunya, Galaxy S6.

Salah satu tantangan dalam fotografi smartphone adalah mengatasi pengambilan gambar dalam kondisi low-light, semisal di dalam ruangan atau malam hari.

Untuk mengatasi hal tersebut Samsung menerapkan kamera dengan lensa berbukaan f/1.9 pada Galaxy S6. Bukaan yang termasuk lebar untuk ukuran kamera smartphone itu diterapkan pada kamera belakang (16 megapixel) dan kamera depan (5 megapixel).

“Lensa terang”

Semakin lebar bukaan (aperture) pada lensa, semakin banyak pula cahaya yang bisa ditangkap. Lensa f/1.9 pada kamera Galaxy S6 bisa mengumpulkan cahaya 60 persen lebih banyak dibandingkan lensa berbukaan f/2.2 milik model sebelumnya, Galaxy S5.

Perlu ditambahkan bahwa, dalam pengukuran aperture (f-stop), semakin kecil angkanya, maka bukaannya semakin lebar. Alhasil, kamera Galaxy S6 pun mampu menghasilkan tangkapan gambar yang jelas, bahkan dalam kondisi malam hari sekalipun.

“Ini berkat lensa f/1.9 yang sangat terang itu,” kata VP Product Strategy and Marketing Team Samsung Americas Justin Denison dalam acara peluncuran Galaxy S6 di Barcelona (1/3/2015).

Selain menerapkan lensa yang “terang”, Samsung juga menerapkan sejumlah teknologi lain untuk meningkatkan kualitas jepretan foto Galaxy S6, sebut saja real time HDR dan IR white balance.

Contoh hasil foto dari kamera utama Galaxy S6 .

Contoh hasil foto dari kamera utama Galaxy S6 .

Fitur HDR alias high-dynamic range memungkinkan pengguna Galaxy S6 mendapat foto yang menunjukkan dengan jelas area gelap dan terang pada gambar, utamanya dalam situasi kontras tinggi semacam siang hari di luar ruangan.

HDR pada Galaxy S6 dijalankan secara real time dan bisa dipakai di kamera belakang ataupun kamera depan. Sementara, teknologi infra merah digunakan untuk mendeteksi setting white balance yang optimal untuk semua situasi.

Tak ketinggalan, Samsung turut membenamkan fitur optical image stabilization pada kamera utama milik Galaxy S6. Fitur ini sudah terbukti mumpuni ketika diterapkan pada Galaxy Note 4. Kamera depan pun ideal untuk dipakai mengambil selfie dengan cakupan bidang pandang selebar 120 derajat.

“Performa Kencang”

Fast camera from Galaxy S6.

Fast camera from Galaxy S6.

Selain peningkatan dari segi kualitas gambar sebagaimana dijelaskan di atas, kamera Galaxy S6 juga menerapkan peningkatan lain dari sisi kinerja, yakni kecepatan pemakaian.

Maklum dengan sifat fotografi smartphone yang sering digunakan untuk foto secara spontan, Samsung pun mencari cara agar aplikasi kamera Galaxy S6 bisa dipanggil secepat mungkin.

“Jawaban kami adalah kamera Galaxy S6 bisa dijalankan dalam waktu kurang dari sedetik. Aplikasi kamera selalu dalam kondisi standby sehingga siap dipanggil kapanpun, cukup dengan menekan dua kali tombol home,” ujar Denison.

Slide berisi penjelasan tentang performa kamera Galaxy S6 seperti yang disampaikan Senior Manager Global Product Planning Min Seok Kang dalam sesi wawancara di Barcelona (2/3/2015)

Lebih tepatnya, Senior Manager Global Product Planning Min Seok Kang menjelaskan bahwa Galaxy S6 bisa menjalankan kamera hanya dalam waktu 0,7 detik. Pengguna pun dimudahkan dalam menangkap momen sebelum berlalu.

Kang menyebutkan bahwa kamera Galaxy S6 turut dibekali kemampuan object tracking seperti yang terdapat pada kamera mirrorless Samsung.

“Dengan fitur ini, pengguna bisa menjaga subyek bergerak agar tetap fokus, misalnya anak-anak yang berlari di dalam ruangan,” kata Kang. “Hal tersebut menjadi gampang karena kamera Galaxy S6 adalah yang tercepat di pasaran.”

(wh/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*