Kelurahan Guguk Malintang Padangpanjang Terbersih di Sumbar

Walikota Padangpanjang bersama warga.

Walikota Padangpanjang bersama warga.

Padangpanjang, Padangtoday—Kelurahan Guguk Malintang, Kecamatan Padangpanjang Timur, Kota Padangpanjang berhasil meraih predikat terbersih pada lomba Kelurahan Terbersih tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tahun 2015.  

Wali Kota Padangpanjang Hendri Arnis, melalui pesan elektroniknya mengaku sangat bangga atas upaya banyak pihak di lingkungan kelurahan setempat dalam menjaga dan mengelola lingkungan sehingga mampu mencatatkan prestasi sebagai kelurahan terbersih. Peringkat pertama sebagai kelurahan terbersih menurutnya bukan saja sebagai prestasi dan prestise, namun lebih jauh suatu bukti bentuk kesadaraan yang memberikan multi manfaat.

Menyandang predikat sebagai juara pertama dalam kriteria terbersih, pemerintahan di tingkat kelurahan tersebut terbukti telah menjalankan fungsi sebagai mana mestinya. Di antaranya merangkul masyarakat untuk turut berperan baik dalam penyelelanggaran pemerintahan terhadap berbagai kebijakan.

“Khususnya dalam kebijakan pemerintahan kelurahan, masyarakat jelas telah memberikan kontribusi besar untuk menjaga dan mengelola kebersihan lingkungan. Berkat peran dan kesadaran masyarakat yang tinggi itu, Kelurahan Guguk Malintang mendapatkan predikat tertinggi di Sumbar sebagai Kelurahan Terbersih,” ungkap Wako Hendri kepada Padangtoday, Kamis (13/8) pagi ini.

Di luar konteks perlombaan, Wako Hendri menyebut kebersihan lingkungan secara umum merupakan salah satu program prioritas yang diusung Pemerintah Kota (Pemko). Hal ini juga sekaitan dengan Kota Padangpanjang sebagai daerah berjuluk Serambi Mekkah yang memegang teguh pengajaran agama Islam tentang “bersih itu sebagian dari iman”.

Sedangkan dalam bentuk aksi, Pemko Padangpanjang dalam menjalan komitmen menjaga kebersihan kota menjaga semangat kegotongroyongan di setiap lingkungan kelurahan. Bahkan demi mendorong semangat gotong royong tersebut, pemerintah dengan segenap jajarannya turun langsung bersama masyarakat dari satu kelurahan ke kelurahan berikutnya.

“Kebersihan adalah komitmen bersama antara pemerintah dengan masyarakat. Karena itu kami di lingkungan Pemko menegaskan pada setiap instansi untuk turut peduli dalam menjaga kebersihan dan turut serta bergotong royong bersama masyarakat dari satu kelurahan ke kelurahan lainnya sekali sepekan,” ungkapnya.

Namun demikian, raihan prestasi Kelurahan Guguk Malintang sebagai Kelurahan Terbersih di Sumbar tersebut diharapkannya tidak menjadikan masyarakat setempat terbuai dan berpuas diri. Keberhasilan tersebut dikatakannya, sebagai motivasi untuk mendorong kesadaran individu setiap masyarakat akan pentingnya kebersihan tersebut.

“Demikian juga bagi masyarakat di kelurahan lainnya di Padangpanjang ini, hendaknya menjadikan keberhasilan Guguk Malintang sebagai pelecut untuk bisa berbuat lebih baik pula. Sebab kebersihan tidak hanya untuk diperlombakan, namun lebih penting lagi demi kebaikan bersama dalam sisi kesehatan masyarakat sekitar,” ujarnya.

Terkait lomba tersebut, Wako Hendri juga menyampaikan predikat juara bukan sebagai tujuan utama, namun melestarikan lingkungan tetap bersih, hijau, sehat  dan asri, adalah sesuatu yang dicita-citakan seluruh kelurahan di Padangpanjang. Demi menjaga kebersihan, disampaikannya tidaklah harus mengeluarkan biaya mahal.

“Demi menysukseskan program tersebut, masyarakat diminta dengan penuh kesadaran untuk melaksanakan gotong-royong menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal masing masing. Jika semua masyarakat selalu membuang sampah pada tempatnya, serta tetap memperhatikan kerapian dan penghijauan lingkungan, maka otomatis daerah tempat tinggal akan bersih,” sebutnya.

Atas diraihnya penghargaan sebagai kelurahan terbersih di Sumbar,  walikota dari lubuk hati yang paling dalam  menyampaikan apresiasi serta ungkapan terima kasih terhadap semua warga dan dinas instansi terkait. (nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas