Kembali, Lomba KAN Sumbar Milik Payakumbuh

Lomba KAN Terbaik Tingkat Provinsi Sumbar di Kerapatan Adat Nagari Koto Nan Ampek Kota Payakumbuh.

Lomba KAN Terbaik Tingkat Provinsi Sumbar di Kerapatan Adat Nagari Koto Nan Ampek Kota Payakumbuh.

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Kembali Payakumbuh menjadi yang terbaik di Sumatera Barat, dalam Lomba Kerapatan Adat Nagari (KAN). Tahun 2016 ini, giliran KAN Koto nan Ampek, Kecamatan Payakumbuh Barat yang keluar sebagai juara pertama.

Kepala Disparpora Drs. Syahnadel Khairi dan Kabag Kesra Setdako Payakumbuh, Devitra, M. Si, yang mendampingi KAN Koto nan Ampek dalam lomba ini, menginformasikan, Minggu (14/8), kepastian KAN Koto nan Ampek  memperoleh gelar terbaik I, menyusul turunnya surat undangan untuk mengambil hadiah pemenang ke Kantor Gubernur Sumbar di Padang, 18 Agustus nanti.

“Kita sudah mengantongi suratnya. Dan pihak KAN Koto nan Ampek  sudah diberi tahu,” sebut Syahnadel.

Dalam lomba KAN Terbaik Sumatera Barat yang digelar setiap tahun itu,  Payakumbuh sudah empat  kali merebut gelar juara  pertama. Gelar juara pertama disandang KAN Payobasung di Tahun 2011. Kemudian, KAN Aua Kuniang di Tahun 2013, KAN Limbukan Tahun 2015 lalu. Sementara itu, KAN Koto nan Gadang, juga mampu merebut gelar juara runner up di Tahun 2012.

Dalam Lomba KAN Terbaik Sumatera Barat 2016, KAN Koto nan Ampek, merebut gelar juara dalam kategori kelembagaan KAN, dengan total nilai 96,83. Sedangkan, pemenang kedua diraih KAN Pauh Limo, Kecamatan Pauh, Padang, dengan nilai 96. Pemenang ketiga milik KAN Pakan Rabaa, Kecamatan Koto Parik Gadang Diatek, Kabupaten Solok Selatan, dengan nilai 95,5.

Dalam bentuk apa hadiah yang akan diterima KAN Koto nan Ampek, baik Syahnadel dan Devitra, belum berani menyebutnya. Tapi, berdasarkan pengalaman tahun lalu, ketika KAN Limbukan keluar sebagai juara pertama, memperoleh hadiah berupa uang pembinaan Rp20 juta selain piagam penghargaan. “Tahun ini, mudah-mudahan hadiahnya bakal meningkat,” kata kedua pejabat Pembina KAN ini.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*