Kembangkan Pupuk Organik Sentuh Peningkatan Perbaikan Unsur Lahan Pertanian

Kembangkan Pupuk Organik Sentuh Peningkatan Perbaikan Unsur Lahan Pertanian

Advertisements

Pesisir Selatan, PADANG-TODAY.com-Penggunaan pupuk non organik yang telah berlangsung lebih dari tiga puluh tahun secara intensif dan berlebihan telah menyebabkan kerusakan struktur tanah,m enyikapi terjadinya degradasi mutu lahan pertanian akibat penggunaan pupuk anorganik secara intensif yaitu dengan mengembangkan penggunaan pupuk organik.

Oleh karena itu Upaya pemerintah untuk mendukung petani dalam kemandirian mengembangkan pupuk organik adalahdengan memfasilitasi kegiatan pengembangan Unit Pengolah Pupuk Organik (UPPO). Kodim 0311/Pessel melalui Koramil 04/Lengayang mendapatkan fasilitas untuk pengembangan pembangunan Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO).

Dalam pengerjaan pembangunan Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO) dikerjakan oleh sedikitnya 7 orang yang langsung dipimpin Danramil 04/Lengayang Kapten Inf M.I. Nasution dan Supervisi teknis dari Dispertan Kab. Pessel 1 orang.

Pembangunan Unit Pengelola Pupuk Organik (UPPO) Kodim 0311/Pessel meliputi pembangunan dan penyediaan alat seperti pembuatan rumah kompos dan kantor mencapai 98%, kandang sapi 100%, mesin alat pengolahan pupuk 100%, kendaraan roda 3 100%, kandang komunal dan bak permentasi sudah berjalan 98% serta Pengadaan ternak sapi 100 %.

Dandim 0311/Pessel Letkol Inf Setiya Asmara,S.I.P menyampaikan bahwa pembangunan UPPO merupakan salah satu upaya untuk mensukseskan dan meningkatkan program Upsus Swasembada Pangan guna terwujudnya ketahanan pangan nasional.  Dandim 0311/Pessel Letkol Inf Setiya Asmara, S.I.P berharap bila program ini dikembangkan ditingkat Kelompok Tani maka para petani akan memiliki kemandirian dalam mengembangkan dan menggunakan pupuk organik yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesuburan pada lahan sawah miliknya.

Danramil 04/Lengayang Kapten Inf M.I Nasution menyampaikan bahwa pelibatan dalam pembangunan UPPO adalah personil Koramil 04/Lengayang yang terbagi dalam 2 (Dua) shift, Alhamdulillah sampai saat ini tidak ada kendala yang berarti.(rel/Dodi Syahputra)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*