Kemdikbud: Berharap Pembangunan Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2015 – 2019 Bagian Keberlanjutan

Mendiknas
Jakarta,PADANGTODAY.com– KemdikbudKemdikbud: Berharap Pembangunan Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2015 – 2019 Bagian Keberlanjutan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh, mengharapkan arah pembangunan Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) pada tahun 2015 – 2019 menjadi bagian dari keberlanjutan dari capaian kinerja sebelumnya. Lebih jauh Mendikbud mengharapkan capaian kinerja tersebut dijadikan sebagai acuan untuk menentukan arah kebijakan pembangunan tahun 2015. Mendikbud menyampaikan hal ini pada rapat kerja (Raker) dengan DPR RI, di ruang rapat Komisi X, gedung Nusantara I DPR RI, Jakarta, Kamis (21/08/2014).

Advertisements

Capaian pembangunan Kemdikbud sepanjang tahun 2010-2014 diantaranya terlaksananya Reformasi Birokrasi, adanya Beasiswa Bidikmisi, Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN). Selain itu, telah dikembangkan program Pendidikan Karakter, Integrasi Kebudayaan, Rehab Sekolah SD dan SMP. Lebih jauh lagi juga telah dicapai keberhasilan pada program Sarjana Mengajar di 3T. Yang tak kalah membanggakan diakuinya warisan budaya Indonesia oleh UNESCO seperti Tari Saman, Subak dan Noken. Masih pada kurun waktu yang sama Kemdikbud telah melakukan perbaikan penyaluran Bantuan Operasional Sekolah (BOS), rintisan Pendidikan Menengah Universal (PMU), penetapan Undang-undang Pendidikan Tinggi, BOP-PTN dan adanya program Afirmasi Pendidikan Papua.

Capaian lainnya adalah Integrasi Ujian Nasional, Implementasi Kurikulum 2013 secara nasional, Akademi Komunitas, terselenggaranya World Cultural Forum, adanya Undang-undang Kedokteran. Keberhasilan lain adalah adanya Undang-undang Keinsinyuran dan persiapan Indonesia menjadi tamu kehormatan pada pameran buku terbesar di dunia Frankfrut Book Fair. (SH/dil)