Kemenag Adakan Halal Bi Halal, Gusman Piliang: Puasa Lalu Sarana Tarbiyah

Kemenag Adakan Halal Bi Halal, Gusman Piliang: Puasa Lalu Sarana Tarbiyah

Kemenag Adakan Halal Bi Halal, Gusman Piliang: Puasa Lalu Sarana Tarbiyah

Advertisements

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Masih dalam suasana bulan Syawal 1437 H Kantor Kementerian Agama Limapuluh Kota melaksanakan halal bi halal, Minggu (31/07) bertempat di Sarasah Bunta Nagari Harau. Kegiatan tersebut dihadiri oleh ASN di lingkungan Kemenag Limapuluh Kota, Kepala Madrasah, Kepala KUA Kecamatan dan Pengawas, semua tampak hadir dengan memboyong keluarga masing-masing.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Limapuluh Kota H. Gusman Piliang dalam arahanya menyampaikan, kegiatan halal bi halal merupakan momentum strategis dalam merajuk kebersamaan. Seluruh ASN Kemenag diharapkan saling mengenal satu sama lainnya, termasuk juga dengan anggota keluarga yang lain. Hal tersebut dipandang Gusman Piliang penting agar terjalin rasa kekeluargaan di antara sesama.

Gusman juga menjelaskan, semangat kebersamaan yang sudah mendarah dagin di Kemenag Limapuluh Kota telah banyak membantu capaian prestasi.

“Hal ini perlu kita pupuk dan kembangkan terus dengan semangat kebersamaa, seberat apapun tugas negara yang harus ditunaikan akan terasa mudah dan menyenangkan,” sambung Gusman.

Terkait pesan dari halal bi halal, Gusman lebih banyak mengingatkan bahwa prestasi Ramadhan setiap orang akan diuji dan terlihat hasilnya di luar Ramadhan. Bila selama Ramadhan, tambahnya, orang mampu beribadah dengan baik, seharusnya juga berbekas di sebelas bulan jelang Ramadhan berikutnya.

“Puasa telah melatih kita untuk disiplin, puasa juga telah mendidik kita untuk jujur, pendeknya puasa merupakan bulan tarbiyah (pendidikan, red) yang sudah kita lalui. Mudah-mudahan kegiatan ini menjadi momentum untuk kita dalam mempertahankan hasil ibadah puasa kita. Terakhir, atas nama pribadi dan pimpinan lembaga saya sampaikan apresia, serta ucapan terimakasih pada kita semua yang sudah memeriahkan kegiatan halal bi halal tahun ini, tutup Gusman dalam arahannya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kasubag TU Kemenag Limapuluh Kota Ifkar. Secara umum kegiatan ini diarahkan sebagai wahan silaturahmi. Panitia telah menyusun kegiatan dengan beberapa perlombaan yang sifatnya menghibur.

“Untuk anak-anak kita adakan lomba pacu kerupuk dan lomba pacu kelereng. Sementara untuk ASN dan Keluraga kita lakukan perlombaan balap kain sarung. Setelah pelaksanaan kegiatan ini, kita akan lakukan evaluasi menyeluruh agar ke depanya kegiatan ini dapat ditingkatkan, baik pada level kualitas, maupun kuantitas. Atas nama pimpinan saya sampaikan apresiasi kepada seluruh panitia yang telah berkerja dalam menyiapkan kegiatan ini” simpul kandidat doktor IAIN Imam Bonjol itu.

Auala terbuka Sarasah Bunta yang menjadi tempat kegiatan dipenuhi oleh ratusan anggota keluarga besar Kemenag Limapuluh Kota yang dihibur oleh okersa Gambus Amanah Kemenag Limapuluh Kota.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*