Kemenhub: Rombak Posisi Eselon I, II dan III

Ignasius Jonan.

Ignasius Jonan.

Advertisements

JAKARTA, PADANGTODAY.com-Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Senin (12/1) merombak posisi eselon I, II dan III. Keputusan tersebut sesuai dengan keputusan Presiden RI Nomor: 215/M Tahun 2015, tentang pemberhentian dan pengangkatan dari dan dalam jabatan struktural Eselon I, II dan III di lingkungan Kementerian Perhubungan.

Setidaknya ada dua pejabat eselon I yang diberhentikan secara terhormat, yakni Soeroyo Alimoeso yang menjabat sebagai Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub dan Herry Bakti Singayuda Gumay yang menjabat sebagai Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub.

Selanjutnya mengangkat, Djoko Sasono sebagai Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub dan Suprasetyo menjabat sebagai Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub. Serta mengangkat Umar Aris sebagai Staf Ahli Bidang Hukum dan Reformasi Birokrasi Perhubungan Kemenhub.

Sementara untuk jabatan Eselon II, ada lima orang yang baru dilantik, yakni:

1. Sri Lestari Rahayu menjadi Kepala Biro Hukum dan Kerjasama Luar Negeri. Sri sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bagian Keuangan, Sekretariat Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

2. Sigit Irfansyah menjadi Direktur Bina Sistem Transportasi Perkotaan, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Sub Direktorat Jaringan Transportasi Perkotaan, Direktorat Bina Sistem Transportasi Perkotaan.

3. Basuki Mardianto diangkat menjadi Kepala Kantor Otoritas Bandara Wilayah I kelas utama Soekarno-Hatta, Banten. Basuki sebelumnya menjabat sebagai Kepala Kantor Otoritas Wilayah V Kelas I Hasanuddin, Makassar.

4. Mohammad Pramintohadji menjadi Kepala Kantor Otoritas Bandmanda, Surabaya.

5. Dadun Kohar menjadi Kepala Kantor Otoritas Bandara Wilayah III kelas I Juanda, Surabaya, yang sebelumnya menjabat sebagai Koarmatim/Lantamal IX AMB/ Srena/AS.

Untuk jabatan Eselon III, ada dua orang yang baru diangkat, yakni:

1. Israfulhayat menjadi Kepala Bagian Tata Usaha, Kantor Otoritas Bandara wilayah I kelas I utama Soekarno-Hatta.

2. Harry Suwignyo menjadi Kepala Sub Direktorat Angkutan Niaga tidak berjadwal dan non niaga, Direktorat Angkutan Udara. Harry sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Otoritas Bandara wilayah I kelas utama Soekarno-Hatta.

Belum jelas mengapa perombakan jabatan ini dilakukan, apakah terkait maskapai AirAsia QZ8501 yang mengudara di hari Minggu di luar ketentuan. Sebab tak ada satupun pejabat Kemenhub yang mau berkomentar. Pelantikan jabatan ini juga berlangsung tertutup. (dil/jpnn)J

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*