Kemeriahan Peringatan Hut RI Ke-73 Juga Terasa di Desa atau Nagari

Salah Satu Bentuk Kegiatan Perlombaan Gendang Tasa di Nagari Kuranji Hilir, Kecamatan Sungai Limau

Padang-today.com___Semarak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-73 terasa di berbagai daerah, seperti Desa dan Nagari, tepatnya di Nagari Kuranji Hlir, Kecamatan Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar, Jumat 17/08/2018.

Persiapan upacara dimulai dilapagan Terminal Sungai Limau, yang tidak jauh dari Ibu Kota Kecamatan yang menjadi pusat Kenagarian dan juga sebagai induk dari nagari-nagari yang ada di Kecamatan Sungai Limau.

“Dalam rangka menyambut HUT RI ke-73 pada tahun 2018, Nagari Kuranji Hilir menyelenggarakan sejumlah kegiatan kemasyarakatan. Salah satunya, pelaksanaan lomba gendang tasa antar korong nagari setempat,” kata Wali Nagari Kuranji Hilier Zanar Byen saat di konfirmasi www.padang-today.com di Sungai Limau.

Menurutnya, bahwa tujuan digelarnya gendang tasa tersebut adalah salah bentuk kegiatan positif yang melibatkan pemuda pemudi yang ada dimasing-masing korong tersebut. Selain melestarikan budaya daerah, dengan gendang tasa dapat mepererat silaturahmi antar korong dalam nagari tersebut.

Ia mengatakan, perlombaan kali ini termasuk cukup menarik karena melibatkan dari segala unsur masyarakat yang ada di dalam nagari. “Selain kegiatan lainya seperti gerak jalan, panjat pinang, panggung hiburan dan perlombaan olah raga lainya yang di gelar di Nagari Kuranji Hilir, semuanya ini adalah bentuk penjiwaan terhadap genersi muda dalam memahami arti kemerdekaan dan Kebangsaan,” kata Zanar.

Perlombaan gandang tasa ini, lanjutnya, mendapatkan apresiasi dari sejumlah warga Nagari Kuranji Hilir, Kecamatan Sungai Limau yang mengikutinya dan mengharapkan kegiatan serupa dapat dilaksanakan pada kesempatan lainnya.

“Salah satu bentuk mewujudkan pelestarian budaya dinagari, Nagari Kuranji Hilir memberikan bantuan seperangkat alat gendang tasa di beberapa korong yang ada di Nagari Kuranji Hilir,” tutupnya.

Elvirina (48) salah satu peserta gerak jalan dari kelompok Pasia Maelo mengatakan, bahwa tujuan Jalan Sehat ini, selain untuk meningkatkan semangat kebersamaan dalam rangka menyambut HUT RI ke-73, juga untuk meningkatkan tali silaturahmi untuk mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga antar sesama warga, sekaligus sebagai promosi nagari.

“Ini masalah kebanggaan, masalah nasionalisme, masalah martabat dan harga diri kita. Di Nagari Tetangga saya bisa melihat, yang di sebelah sangat meriah kegiatan HUT RI, kita yang di ibu kota kecamatan harus lebih meriah lagi dibanding nagari tetangga. Inilah sebuah kebanggaan yang ingin kita bangun bahwa kita dinagari ini harus besar yang sedang dipimpin Zanar Byen ini,” kata Elvirina sambil berguyon.

Dari pantauan dilapangan berbagai kegiatan terlihat begitu bersemangatnya para pemuda-pemudi seperti, panjat pinag, gerak jalan sehat, lomba gedang tasa, dan olah raga lainya. Dan tak kalah menariknya panggung hiburan lainya, siap untuk pemuda pemudi meluarpkan kegembiraan dalam merayakan kemerdekaan RI yang ke 73 ini. (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas