Kenaikan Harga Gas Elpiji Melebihi Kebijakan Pertamina

-gas-elpiji-12-kg-mulai-ditinggalkanMeulaboh, PADANGTODAY.com – Kenaikan harga gas elpiji 12 kg mulai berdampak pada omzet penjualan. Salah satu agen penyalur gas elpiji di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat mengalami penurunan omzet penjualan elpiji nonsubsidi 12 kilogram. Harga gas elpiji 12 kg di Aceh mengalami kenaikan menjadi Rp 130.000 per tabung.

Advertisements

Pemilik agen penyalur LPG Kecamatan Johan Pahlawan di Meulaboh, Alimi mengatakan, pasca penyesuaian harga daya beli masyarakat terhadap elpiji nonsubsidi tabung 12 Kg mengalami penurunan karena dianggap memberatkan.

“Biasanya untuk elpiji 12 Kg bisa habis 25 sampai 30 tabung per hari, selama dua hari ini semakin turun paling terjual hanya 10 tabung, omzet menurun pastinya,” katanya.

Alimi menjelaskan, biasanya harga elpiji nonsubsidi 12 Kg dijual seharga Rp 110.000 per tabung. Setelah dilakukan penyesuaian, para agen menaikkan harga Rp 20.000 per tabung atau saat ini dijual Rp130.000 per tabung.

Dia mengakui, kenaikan harga itu lebih tinggi dari kebijakan Pertamina (persero). Pertamina menetapkan kenaikan harga gas elpiji 12 kg sebesar Rp 1.500 per Kg, maka seharusnya harga jual elpiji hanya Rp 181.000 per tabung atau mengalami kenaikan Rp 18.000 per tabung.

Alimi membenarkan, seharusnya harga jual elpiji nonsubsidi di agen-agen menjadi Rp 9.519 per Kg atau Rp 114.300 per tabung, namun kebijakan penyesuaian harga itu tergantung kepada daerah/wilayah tertentu dihitung sesuai letak geografis.

“Bila masyarakat membeli langsung kemari kami melayani dengan harga Rp 125.000 per tabung, ada pemotongan Rp5.000, tapi kalau diantar ke tempat seperti biasa harganya Rp 130.000 per tabung,” imbuhnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh Barat Adami Umar menekankan agen penyalur gas elpiji di wilayah itu untuk tidak melakukan kecurangan kebijakan penyesuaian harga elpiji nonsubsidi 12 Kg.

“Di saat seperti ini harus kita awasi jangan sampai ada monopoli dari para agen. Mengenai gas elpiji 3 kilogram mungkin saja akan ada penambahan pasokan karena volume kebutuhan mungkin terus meningkat oleh adanya warga yang beralih ke elpiji subsidi,” tegasnya.(mr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*