Kenalkan Dunia Pelabuhan, IPC Corner Hadir di UNP

Padang-today.com – IPC II CabangTeluk Bayur Padang membuat IPC corner berada di gedung hospitality lantai 4 Unvesitas Negeri Padang.

“IPC corner ini merupakan salah satu cara memperkenalkan pada mahasiswa UNP dunia kepelabuhanan,”kata General Manager IPC II Armen Amir di Padang.

Ia menjelaskan, pertama kali ada dibuat IPC corner di Sumbar yakni di Kampus UNP.

“IPC corner ini akan diisi dengan berbagai koleksi buku dan alat peraga lainnya tentang perkembangan IPC Teluk Bayur, baik sesudah ataupun sebelum Kemerdekaan RI. Dimana saat ini, IPC Teluk Bayur merupakan salah satu pelabuhan terbesar di Indonesia (Sumatera Barat) di samping Pelabuhan Tanjung Priok,”ungkapnya.

Para mahasiswa UNP bisa memanfaatkan IPC corner sebagai literasi bagi mereka untuk mengetahui perkembang Pelabuhan Teluk Bayur dari tahun ke tahun.

“IPC corner bisa juga digunakan bagi mahasiswa maupun masyarakat untuk tempat diskusi sambil melihat tentang perkembangan pelabuhan Teluk Bayur Padang,”jelas Armen Amir.

Armen Amir menambahkan IPC II CabangTeluk Bayur juga nantinya mendirikan pusat maritim di kawasab Muaro Padang. Pusat maritim ini sama hal dengan IPC corner yang dibuat di Kampus UNP.

Pusat maritim mewujudkan wadah informasi kemaritiman, jasa kepelabuhan, serta sistem informasi yang berbasis IT.

Pusat Maritim Center ini belum ada di pelabuhan mana pun di Indonesia, jadi bersyukurlah Kota Padang yang mendapat kehormatan untuk mewujudkan informasi kemaritiman ini.

“Gedung Pusat Maritim Center ini akan menyajikan informasi mengenai sejarah, layanan di pelabuhan, laboratorium, sumber informasi kemaritiman, serta sumber edukasi bagi masyarakat,”imbuh Armen.

Sementara itu Rektor UNP, Prof Ganefri menyatakan adanya IPC Corner di Hospitality UNP yang satu-satunya di luar Jawa saat ini, juga akan memberikan fasilitas pendukung kepada mahasiswa dan masyarakat yang menggunakan Hospitality UNP, seperti ruang diskusi terbatas atau acara yang kapasitasnya terbatas.

“Para mahasiswa silahkan memanfaatkan IPC corner untuk diskusi sambil menambah wawasan dunia kepelabuhanan,”katanya.(der)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*