Kepala BPKD Padang Pariaman Kosong

Padang-today.com – Sudah dua minggu lebih Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Padang Pariaman kekosongan jabatan. Hal ini berdampak dengan pelayanan di lingkungan pemerintahan dan bagi publik di daerah itu.

BPKD merupakan unsur pendukung pemerintah daerah dibidang pengelolaan keuangan dan aset daerah, dan dipimpin oleh seorang kepala badan yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada bupati melalui sekretaris daerah.

BPKD Pemkab Padang Pariaman dibentuk untuk menjalankan tugas pengelolaan keuangan dan aset daerah, juga menyelenggarakan dan melaksanakan penyusunan rencana kerja dan anggaran BPKD, penyusunan dan penyuelenggaraan kebijakan pengelolaan keuangan dan aset daerah.

Selain itu, penyusunanan kebijakan umum anggaran (KUA) berkoordinasi dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan penyusunan prioritas dan plafon anggaran (PPA) dan penyususnan APBD dan rancangan perubahan APBD, serta pelaksanaan pemungutan pendapatan daerah.

Diketahui, kekosongan kepala BPKD Pemkab Padang Pariaman yang di pimpin oleh Rudi Rahmat itu belum siap untuk menjabat di posisi trersebut. Pasalnya, Rudi yang baru menjabat di posisi kepala BPKD itu dalam hitungan bulan, ia mengalami depresi dan over load.

Kepala Badan Kepegawaian Sumber Daya Manusia (BKSDM) Pemkab Padang Pariaman, Armen Rangkuti membenarkan terjadi kekosongan jabatan kepalada BPKD. Terkait hal itu, pihaknya telah bersurat ke Sekdakab dan Bupati agar tidak terjadi kekosongan jabatan di BPKD guna berjalannya pelayanan di lingkungan pemerintah dan publik.

“Terkait dengan sakit yang diderita kepala BPKD Rudi Rahmat lebih kurang selama dua minggu itu, kami telah membuat surat ke bupati untuk menunjuk plt di BPKD. Mudah-mudahan, minggu ini bupati telah menunjuk plt di BPKD tersebut,” kata Armen Rangkuti keetika dihubungi khazanah, Minggu (8/3)

Ia menyebutkan, Kepala BPKD Pemkab Padang Pariaman Rudi Rahmad bersurat kepada pihaknya. Dalam surat tersebut ia meminta untuk mundur dari jabatan terebut dengan alasan sakit, hal itu diperkuat dengan lampiran surat keterangan dari  tiga orang dokter yang merawatnya.

“Benar kepala BPKD Padang Pariaman Rudi Rahmad, secara sah mengundurkan diri karena alasan sakit. Pengunduran dirinya itu terhitung sejak tanggal 5 Maret 2020,” kata Armen Rangkuti.

Sebelumnya, kepala BPKD Pemkab Padang Pariaman yang di jabat oleh Talim pada tahun 2019 juga mengalami hal yang sama. Ia mundur dari jabatan tersebut, disebabkan sakit, dan di ikuti oleh beberapa bawahan yang ada di lingkungan BPKD itu sendiri. Hal ini juga di rasakan oleh Rudi Rahmad, Ia mundur dari jabatan tersebut mengalami depresi dan over load atau kelelahan. (Syafrial Suger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas