Kepolisian Malaysia Menangkap 17 Orang Karena Hendak Menggelar Aksi Teror

ilustrasi

ilustrasi

Advertisements

PADANGTODAY.COM– Kepolisian Malaysia menangkap 17 orang yang diduga kuat hendak menggelar aksi teror di Kota Kuala Lumpur. Dua orang dari kelompok itu baru saja kembali dari Suriah.

Kabar ini disampaikan oleh Kepala Polis Diraja Malaysia (PDRM) Jenderal Tan Khalid Abu Bakar lewat akun Twitter-nya.

“Bagian counter terorism PDRM semalam tangkap 17 orang sedang merancang keganasan di KL. Dua dari mereka baru balik dari Suriah,” tulisnya.

Belum ada keterangan lebih lanjut dari PDRM mengenai detail para tersangka yang ditangkap. Bila benar mereka terkait dengan ISIS, maka ini upaya teror pertama militan khilafah di Asia Tenggara.

Malaysia, seperti Indonesia dan Filipina, dipusingkan oleh kelakuan warganya yang berbaiat dengan organisasi pimpinan Abu Bakar Baghdadi. Pada awal bulan ini, dua orang Malaysia tertangkap kamera ikut memenggal sandera.

PDRM sudah menahan 120 warga negara Malaysia yang dicurigai terlibat ISIS, baik karena memberangkatkan orang ke wilayah konflik, mendanai para jihadis, serta mengajarkan ideologi perjuangan khilafah Islamiyah gaya baru tersebut.

Pekan lalu, Parlemen Malaysia baru saja melansir Undang-Undang Anti-Teror anyar, khusus menangkal pengaruh ISIS. Aparat hukum diperbolehkan menahan tersangka yang dicurigai hendak bergabung dengan militan tanpa batas waktu. Legislasi tersebut dikritik pegiat hak asasi manusia di Negeri Jiran.

(ard/uil)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*