Kerja Nyata Hendri Arnis – Mawardi Bertekad, Wujudkan Padang Panjang Yang Sejahtera

PADANG PANJANG – padang-today- Kepemimpinan Walikota Padang Panjang H.Hendri Arnis,BSBA dan dr.H.Mawardi,MKM telah mempersembahkan sederet prestasi gemilang. Bahkan, beberapa tunggakan pekerjaan yang ditinggalkan oleh periode kepemimpinan sebelumnya, secara bertahap mulai dikerjakan. Setidaknya, itu terlihat dari proses pembangunan Pasar Padang Panjang yang dibangun melalui APBD Kota Padang Panjang.

Begitupun dengan pembangunan Islamic Center yang telah mulai proses pengerjaannya di Kelurahan Koto Katiak Kecamatan Padang Panjang Timur. Gedung megah itu, dalam perencanaannya akan bisa menjadi pusat kegiatan keagamaan dan dokumentasi sejarah perkembangan Islam di Kota Padang Panjang khususnya dan Sumatera Barat umumnya.

Selain dua mega proyek yang sedang dikerjakan itu, Hendri Arnis bersama Mawardi juga terus menggencarkan pembangunan infrastruktur daerah. Apalagi, dalam tiga tahun belakangan, cukup banyak program pembangunan yang berbasis ekonomi kerakyatan yang dikucurkan. Seperti pembangunan gedung IGD Rumah Sakit Umum Daerah, pembangunan Pemandian Lubuk Mata Kucing, pembangunan falisitas pendidikan di SMPN 1 Padang Panjang dan sejumlah pembangunan lain.

Tidak hanya menggenjot percepatan program pembangunan, pembangunan karakter masyarakat juga menjadi perhatian dari Hendri Arnis dan Mawardi. Sejumlah program di dinas dan kantor terkait, sengaja dilakukan memberikan pembinaan terhadap masyarakat kelas menengah kebawah, untuk mengangkat perekonomian mereka.

“Kita tidak selalu harus membangun gedung-gedung megah dan infrastruktur pemerintahan laiannya, tetapi bagaimana kita bisa membangun kemandirian untuk masyarakat, dengan melakukan pelatihan, penyaluran modal usaha, membuka peluang pasar dan mempromosikan produk UMKM kita,” sebut Hendri Arnis ketika berbincang-bincang tentang peningkatan kesejahteraan masyarakat di kota itu.

Disebutkan Walikota termuda di Indonesia itu, sebagai kota perlintasan di Sumatera Barat, Padang Panjang memiliki keistimewaan dengan letaknya yang cukup strategis dan cocok dikembangkan sebagai kota perdagangan dan jasa.

“Sebenarnya, peluang itu telah dimaksimalkan masyarakat, dengan berdirinya tempat-tempat kuliner seperti Rumah Makan Pak Datuk, Sate Mak Syukur, Bofet dan Rumah Makan Gumarang dan sejumlah lokasi lainnya yang menjadi lokasi kunjungan wisatawan bila berkunjung ke Padang Panjang. Sehingga, apa yang telah ada itu dijadikan mitra dan motivasi bagi pelaku-pelaku usaha baru,” sebutnya.

Dalam bidang ekonomi dan kemasyarakatan, Hendri Arnis dan Mawardi juga terus melakukan sejumlah terobosan baru dalam memajukan sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah itu. Tidak saja menfokuskan dari pembiayaan daerah, tetapi juga mencarikan pembiayaan melalui bantuan pusat dan provinsi.

Begitupun dengan sejumlah program ekonomi kerakyatan yang telah ada, seperti UPTD Pengolahan Kulit dan Pondok Design dan Promosi Kota Padang Panjang. Dimana, dua bidang yang berada dibawah Dinas Koperindag dan UMKM itu, mendapat pengawalan khusus agar bisa menjadi gerbang dalam mewujudkan pertumbuhan industri-industri kecil di kota berpenduduk 54 ribu jiwa itu.

“Impian kita, bagaimana Padang Panjang ini jadi kota yang nyaman, aman dan sejahtera. Tentunya, untuk mewujudkan itu tidak semudah membalik telapak tangan, banyak tantangan dan rintangan yang harus kita hadapai, tetapi dengan kebersamaan dan satu tekad yang bulat, sedikit demi sedikit itu bisa kita wujudkan,” jelas Hendri Arnis.

Setelah hampir tiga tahun memimpin Kota Padang Panjang, satu persatu impian Hendri Arnis bersama Mawardi mulai terwujud. Pembangunan pasar yang diidam-idamkan oleh masyarakat setempat, hampir terwujud, yang sempat terkatung-katung sejak beberapa kali kepemimpinan walikota itu.

Sementara itu, Wakil Walikota Padang Panjang Mawardi dengan didukung kinerja dari Sekdako Prof.Edwar Juliartha bersama seluruh SKPD juga terus bekerja keras mewujudkan program pemerintahan yang baik transparan, akuntabel dan menjangkau seluruh sektor pelayanan  publik.

Mawardi juga tidak ingin berandai-andai dengan impiannya dalam mewujudkan masyarakat yang Amanah, Sejahtara dan Madani sesuai dengan program yang dituangkannya bersama Walikota Hendri Arnis dalam Rencapa Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Padang Panjang Tahun 2013-2018.

Tidak hanya dari segi pemerintahan, kesuksesan Hendri Arnis dan Mawardi dalam melakukan program pembangunan di Kota Padang Panjang juga didukung oleh satu kesatuan yang tidak bisa dilepaskan, seperti peran TP-PKK, Gabungan Organisasi Wanita (GOW)  dan Ketua Dhramawanita Persatuan serta dukungan dari Unsur Forkompinda kota setempat. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*