Kesbangpol Gelar Dialog Politik Bersama Pimpinan Ormas dan Tokoh Masyarakat Perempuan

Padang-today.com__Menghadapi gelaran Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang terdiri dari Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kab. Padang Pariaman menggelar Dialog Politik Bersama Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan Tokoh Masyarakat Perempuan di Hotel Minang Jaya Lubuk Alung (21/02).

Dialog Politik yang difasilitasi oleh Badan Kesbangpol Provinsi Sumatera Barat itu menghadirkan tiga orang sebagai narasumber yaitu Kepala Badan Kesbangpol Prov. Sumbar Nazwir, SH, M.Hum, Ketua Komisi I DPRD Prov. Sumbar Ir. H. Nurnas dan Prof. Dr. rer. soz. Nursyirwan Effendi mantan Dekan FISIP Unand.

Dialog dibuka secara resmi oleh Bupati Padang Pariaman yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Pariaman, H. Jonpriadi, SE, MM, diikuti oleh pimpinan ormas dan tokoh masyarakat perempuan antara lain Ketua GOW Padang Pariaman Yusrita yang juga isteri Wakil Bupati Padang Pariaman.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekda, Bupati Padang Pariaman mengucapkan terima kasih kepada Badan Kesbangpol Sumbar yang telah berinisiatif untuk menyelenggarakan dialog politik.

“Melalui dialog politik ini dapat mendukung dan membantu upaya Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dalam menciptakan iklim demokrasi yang harmonis demi terwujudnya visi dan misi Kab. Padang Pariaman yang sejahtera dan religius,” katanya.

Pemkab Padang Pariaman sangat menyambut baik dilaksanakannya dialog politik bersama pimpinan ormas dan tokoh masyarakat perempuan Padang Pariaman itu. Bupati berharap melalui dialog politik dapat melahirkan berbagai komitmen untuk menciptakan daerah Kab. Padang Pariaman pada tatanan kehidupan yang ideal dan dinamis.

“Semoga kegiatan ini dapat mengantarkan daerah kita kepada tatanan kehidupan yang ideal dan dinamis, serta meningkatkan pemahaman dan pengetahuan mengenai demokrasi terutama bagi pimpinan ormas dan tokoh masyarakat di Kab. Padang Pariaman,” ungkap Jonpriadi mengutip sambutan Bupati.

Bila kita cermati kondisi sekarang, lanjut Jonpriadi, perkembangan demokrasi di Indonesia sangat dinamis. Hal ini disebabkan oleh adanya keterbukaan arus informasi dan komunikasi yang seiring dengan kemajuan teknologi.

Jonpriadi mengajak untuk menyikapi arus perkembangan tersebut dengan meningkatkan peran, fungsi dan tanggung jawab semua elemen masyarakat dalam kehidupan demokrasi dengan cara menjaga dan memelihara kehidupan demokrasi berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

“Dalam upaya mencapainya, diperlukan komitmen bersama dalam membangun karakter bangsa, agar terbentuk konsensus/komitmen bersama terhadap nilai nilai kebangsaan yang lahir dan tumbuh dalam kehidupan,” papar mantan Kepala Bappeda ini.

Jonpriadi kemudian menjelaskan cara membangun karakter bangsa antara lain meningkatkan kesadaran berbangsa, keluhuran budi pekerti, dan keikhlasan berkorban untuk kepentingan bersama.

Jonpriadi juga berpesan kepada seluruh elemen masyarakat untuk membentengi diri dari kehancuran akibat pesatnya perkembangan teknologi dan upaya memecah belah bangsa.

Kepada kaum perempuan, katanya menyambung, harus menjadi pemilih yang rasional dan cerdas, karena pemilih ini adalah bagian yang tidak kalah penting dari upaya menciptakan pemilu yang berintegritas. Kaum perempuan harus mempunyai kesadaran untuk menggunakan hak suaranya dalam pemilu, pemilih benar-benar bisa menilai program yang realistis, mampu menolak politik uang serta aktif berpartisipasi dalam melaporkan kecurangan yang terjadi dalam setiap tahapan pemilu.

“Untuk mewujudkan hal tersebut, perlu upaya secara terus menerus untuk melakukan pendewasaan berdemokrasi melalui pendidikan politik. Upaya tersebut tidak hanya melalui peran partai politik saja, tetapi juga melalui peran pimpinan ormas dan tokoh masyarakat khususnya kaum perempuan,” tandasnya mengakhiri. (rel/pdt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas