Kesbangpolinmas Solsel Sosialisasi Wawasan Kebangsaan

* Abdul Rahman: Pertebal Jiwa Nasionalisme

Advertisements

.

PADANG ARO, PADANG-TODAY.COM

Sebanyak 70 orang yang terdiri dari Wakil Kepala Sekolah, OSIS tingkat SLTA dan Wali Nagari di Kabupaten Solok Selatan (Solsel) mengikuti sosialisasi peningkatan wawasan kebangsaan yang diadakan oleh Kantor Kesbangpollinmas Solsel di Aula Hotel Pesona Alam Sangir, 4/10.

Sosialisasi tersebut dibuka langsung oleh Wakil Bupati Solsel Abdul Rahman, juga dihadiri oleh Perwira Penghubung Kodim 0309 Solok, Kepala Kesbangpol Sumbar, dosen Jurusan Sejarah Fisip UNP sebagai narasumber, serta Kepala SKPD Pemkab Solsel. 

Wakil Bupati Solok Selatan Abdul Rahman dalam sambutannya mengatakan, kemajuan teknologi saat ini telah membawa perubahan besar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Berbagai informasi dan peristiwa diberbagai daerah maupun belahan dunia melalui media dapat diakses oleh masyarakat khususnya para generasi muda hanya dalam hitungan detik.

Lanjutnya, kondisi ini selain membawa implikasi yang positif juga membawa ekses-ekses negatif, apabila media yang diakses oleh kaum muda lebih banyak menayangkan informasi yang bersifat pornografi maupun menyebarkan faham-faham radikalisme.

Harus diakui saat ini, jiwa nasionalisme dan rasa kebangsaan dikalangan generasi muda Indonesia mulai terkikis. Hal ini tidak terlepas dari kurikulum pendidikan di sekolah-sekolah tentang wawasan kebangsaan, empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara masih sangat kurang.

“Kita semua prihatin atas maraknya masalah yang yang dihadapi para generasi muda seperti, Miras, Narkoba, penularan HIV-Aids, geng motor dan yang sangat menonjol saat ini adalah tawuran antar pelajar. Hal ini menunjukkan bahwa rasa persatuan dan persaudaraan sesama anak bangsa mulai hilang dan jiwa nasionalisme dan wawasan kebangsaan semakin memudar,” ungkapnya. 

Menurutnya, berbagai krisis tersebut yang melatar belakangi Kantor Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Solok Selatan mengadakan sosialisasi peningkatan wawasan kebangsaan.

Selain itu, lanjut Wabup, tujuan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi peningkatan kesadaran wawasan kebangsaan ini, untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada para generasi muda tentang empat pilar kebangsaan yaitu UUD 1945, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang menjadi acuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dirinya juga mengingatkan, bahwa kegiatan sosialisasi tersebut sangatlah penting, dan diharapkan agar para peserta sosilasiasi dapat mengikutinya dengan baik dan cermat, sehingga dapat meningkatkan kesadaran tentang pentingnya menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila, memiliki rasa nasionalisme, mempertahankan dan mengamankan NKRI serta memahami perbedaan suku, agama, adat istidat dan budaya sebagai potensi dan kekuatan untuk membangun bangsa dibawah semboyan Bhineka Tunggal Ika. 

“Saya berpesan kepada para peserta sosialisasi, agar bersikap selektif terhadap beragam informasi yang tersedia di media sosial. Pilihlah informasi yang bermanfaat baik pendidikan maupun masa depan, taat terhadap norma agama dan semua aturan yang berlaku baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Sehingga pemuda dan remaja di Solok Selatan bisa menjadi generasi yang berkualitas, harapan keluarga, bangsa dan Negara,” ungkap Abdul Rahman. (*)

.

[BUSTANUL ILMI]

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*