Kesepian Berbahaya Terhadap Kesehatan

ilustrasi kesepian

ilustrasi kesepian

Advertisements

PADANGTODAY.COM– Tanyakan pada orang mengenai rahasia umur panjang, tentu mereka akan menjawab dengan hal-hal seperti berolahraga, pola makan yang sehat, gaya hidup sehat, dan lainnya. Namun sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa ada hal lain yang juga bisa mempengaruhi harapan hidup seseorang.

Penelitian dari Brigham Young University menunjukkan bahwa rasa kesepian dan isolasi terhadap dunia luar juga sama berbahayanya dengan obesitas terhadap kesehatan. Rasa kesepian bisa menurunkan kesehatan seseorang. Peneliti bahan mengungkap bahwa rasa kesepian bisa mempercepat kematian seseorang dan menurunkan harapan hidupnya.

“Efek kesepian hampir bisa dibandingkan dengan obesitas. Masyarakat harus memperhatikan masalah ini dengan lebih serius demi kesehatan mereka. Kita perlu memperlakukan kehidupan sosial kita dengan lebih serius,” ungkap ketua peneliti Julianne Holt-Lunstad, seperti dilansir oleh Science Daily (11/03).

Kesepian dan tindakan mengisolasi diri dari lingkungan sekitar memberikan efek buruk terhadap kesehatan dan tingkat harapan hidup. Yang lebih penting lagi, efek kesepian terhadap kesehatan anak muda jauh lebih besar dibandingkan pada orang yang dewasa atau sudah tua.

Orang yang sering merasa kesepian dan mengisolasi diri mereka dari lingkungan sekitar berisiko mengalami kematian dini lebih tinggi dibandingkan orang yang tak merasa kesepian dan lebih sering bersosialisasi.

Hasil ini didapatkan peneliti setelah menganalisis data dari berbagai penelitian kesehatan. Mereka melakukan pengamatan pada sekitar tiga juta partisipan untuk mengetahui data terkait rasa kesepian dan isolasi sosial. Peneliti juga sudah menghitung faktor lain seperti usia, status ekonomi sosial, gender, dan kondisi kesehatan.

Rasa kesepian diketahui menambahkan risiko dan efek buruk terhadap kesehatan dan penyakit yang sudah diderita seseorang.

(kun/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*