Ketakutan Dapat Menyebabkan Kematian

Ilustrasi Ketakutan

Ilustrasi Ketakutan

Advertisements

PADANGTODAY.COM – Pernah dengar kata kiasan “mati ketakutan”? Nyatanya, mati ketakutan ternyata bukan cuma kiasan belaka. Sebuah penelitian mengungkap bahwa orang memang bisa mati karena ketakutan.

Semua orang tentu pernah merasa takut. Napas yang memburu, telapak tangan yang berkeringat, lutut gemetaran, dan jantung yang berdetak kencang. Ada banyak hal yang bisa membuat orang ketakutan hingga mereka mengira akan mati karena hal tersebut. Namun faktanya, justru ketakutan itu sendiri yang berbahaya dan bisa menyebabkan kematian.

Perasaan takut dan teror membuat tubuh mengaktifkan mekanisme perlindungan alami yang disebut ‘bertarung atau lari’ dan memproduksi lebih banyak adrenalin. Sistem saraf akan merespon detak jantung yang meningkat, aliran darah ke otot, pupil yang melebar, dan membuat pencernaan melambat.

Hasilnya, rasa takut akan membuat tubuh semakin kuat dan lebih cepat. Namun, rasa takut yang berlebihan akan membuat fungsi tubuh ini bereaksi terlalu ekstrem dan merusak jaringan jantung, atau bahkan membuat jantung berhenti berdetak.

Yang paling berisiko mengalami hal ini adalah atlet yang memiliki adrenalin terlalu kencang karena persaingan yang ketat dalam lomba. Namun hal ini juga bisa terjadi akibat rasa takut yang terlalu berlebihan.

Karena itu, untuk menjaga kesehatan jantung dan tak sampai mengalami mati akibat ketakutan, selalu kendalikan ketakutan Anda sendiri. Jika Anda bisa berpikir berbeda mengenai rasa takut itu sendiri, maka Anda bisa mengontrol aliran adrenalin dan detak jantung hingga tak sampai berakibat fatal.

Mengutip kalimat dari film After Earth yang diperankan oleh Will Smith dan anaknya, Jaden Smith: “Danger is very real, but fear is a choice.” yang berarti “Bahaya memang sangat nyata, namun merasa takut adalah sebuah pilihan.” Jangan sampai Anda terbunuh oleh rasa takut itu sendiri.

(kun/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*