Ketika Supermoon Menyapa Kita

Padang-today.com____Besok malam (21-01-2019) menurut astronom indonesia, fenomena Supermoon atau Gerhana Bulan akan menghiasi Bumi. Gerhana bulan pada 21-01-2019 ini tampaknya menjadi fenomena yang spesial, karena gerhana bulan ini disebut juga sebagai fenomena Supermoon.

Supermoon adalah peristiwa langit saat bulan berada dalam jarak terdekatnya dengan bumi, dan peristiwa langit ini selalu terjadi saat bulan sedang dalam tahap purnama. Ini artinya saat supermoon sedang berlangsung, kita bisa melihat bulan purnama lebih terang dan juga lebih dekat dari biasanya

Sebutan supermoon baru ditemukan pada tahun 1979 oleh Richard Nolle, dan peristiwa langit tersebut disebut supermoon kalau bulan berada pada jarak sekitar 90 persen dari titik terdekatnya dengan Bumi. Pada gerhana bulan total ini daerah yang dapat menyaksikan adalah, Eropa Utara, Amerika Selatan, Afrika dan sebagian wilayah Asia. Sayangnya fenomena ini tidak dapat disakisikan dari bumi Indonesia.

Nah, dengan kehadiran Gerhana Bulan Total ini, apakah yang harus kita lakukan sebagai umat Islam…? apakah umat Islam di Indonesia disunahkan untuk ikut melaksanakan shalat gerhana dan merzikir dengan melantunkan takbir?

Bagi kaum Muslim ketika mendapati atau melihat ada gerhana bulan atau gerhana matahari, dianjurkan untuk melaksanakan shalat gerhana.

Anjuran itu didasarkan pada amalan yang dilakukan oleh Rasulullah Muhammad SAW ketika mendapati gerhana bulan atau gerhana matahari.

Ketika terjadi gerhana, Rasulullah Muhammad SAW, langusung mendatangi masjid untuk melaksanakan shalat gerhana.

Peristiwa ini dikisahkan oleh istri Rasulullah Muhammad SAW, Asisyah yang mendapati Rasulullah Muhammad SAW, sedang berkendara di pagi hari lalu terjadi gerhana.

Maka Rasulullah Muhammad SAW, melewati kamar istrinya Aisyah yang tak jauh dari masjid, lalu Muhammad berdiri dan salat.

Riwayat lain menyebutkan, Rasulullah Muhammad SAW, mendatangai tempat salatnya, yakni masjid.

Atas dasar itu, ulama Ibnu Hajar berpendapat b ahwa shalat gerhana yang sesuai ajaran Rasululah Muhammad SAW, dikerjakan di masjid.

Kemudian, bagaimakah dengan pemantauan BMKG tentang Gerhana Total ini. BMKG dalam akun instagram resminya @infobmkg, Jumat (18/1/2019). Dampak dari Gerhana Total tersebut, akan terjadi pasang air laut.

Pasang air laut tersebut dinilai dapat mempengaruhi aktivitas masyarakat pesisir di sejumlah lokasi, yaitu Pesisir Utara Jakarta, Pesisir Utara Jawa Tengah, Pesisir utara Jawa Timur, Pesisir Cilacap, Pesisir Tanjung Benoa Bali, Pesisir Kalimantan Barat, dan Pesisir Makassar pada 19-22 Januari 2019.

BMKG mengimbau masyarakat selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak pasang maksimum air laut.

Selain itu, masyarakat diminta memperhatikan update informasi cuaca maritim melalui situs dan media sosial resmi BMKG. (*)

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas