Ketua BPK RI Berikan Kuliah Umum Bagi Mahasiswa UBH

Ketua BPK RI, Dr. H. Harry Azhar Azis, MA memberikan Kuliah umum mengenai BPK, Pengelolaan Keuangan Negara dan Kesejahteraan Rakyat bagi yang bertempat di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator, Senin (23/02/2015).

Ketua BPK RI, Dr. H. Harry Azhar Azis, MA memberikan Kuliah umum mengenai BPK, Pengelolaan Keuangan Negara dan Kesejahteraan Rakyat bagi yang bertempat di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator, Senin (23/02/2015).

Advertisements

PADANG, PADANGTODAY.com-Universitas Bung Hatta kembali menghadirkan tokoh-tokoh nasional dalam yang dibalut dalam Bung Hatta Memorial Lecture Serises Tahun 2015 dengan mendatangkan Ketua Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia, Dr. H. Harry Azhar Azis, MA untuk memberikan Kuliah umum mengenai BPK, Pengelolaan Keuangan Negara dan Kesejahteraan Rakyat bagi yang bertempat di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator, Senin (23/02/2015) siang.

Kuliah umum ini ikuti lebih dari 400 mahasiswa dan dosen Fakultas Ekonomi dan Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta, pimpinan universitas dan dekanat.

Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA menyampaikan kuliah umum bersama Ketua BPK RI ini menjadi pembuka dari rangkaian kegiatan Bung Hatta Memorial Lecture Series sekaligus dalam menyambut 34 tahun Universitas Bung Hatta pada April mendatang. Para tokoh besar nasional hadir ke kampus proklamator untuk dapat berbagi pengalaman, pemahaman dan pandangan mereka kepada para mahasiswa.

“BPK sebagai lembaga negara yang mengawal pengunaan keuangan negara dan menjadi lembaga yang stategis dalam menjaga pengelolaan negara tentunya dapat menjadi motivasi dan inspirasi bagi mahasiswa untuk dapat magang dan bekerja di BPK. Begitu juga kita mengharapkan nantinya dari BPK dapat menjadi dosen tamu dalam perkuliahan di Universitas Bung Hatta,” ujanrnya Niki.

Ia juga mengatakan Kedepannya, kita juga akan mengundang tokoh-tokoh lainnya yang sudah masuk daftar kegiatan Bung Hatta Memorial Lecture Series seperti menteri pendidikan. “Sudah banyak tokoh-tokoh nasional yang kita undang ke kampus proklamator ini agar dapat menjadi inspriasi dan dapat menambah wawasan bagi mahasiswa dan dosen,” tambahnya.

Pada kesempatan kuliah umum ini Ketua BPK RI menjelaskan materi mengenai perkembangan pengungaan keuangan negara, peran BPK dalam mewujudkan akuntabilitas keuangan negara dan upaya mewujudkan kesejahteraan rakyat melalui pemeriksaan keuangan negara yang dimoderatori langsung oleh Rektor Universitas Bung Hatta.

Dr. H. Harry Azhar Azis, MA menyampaikan dengan kedatangannya ke Universitas Bung Hatta menjadi kebanggaan baginya sebab nama Bung Hatta yang melekat pada kampus ini merupakan tokoh yang dikaguminya.

“Saya mengagumi sosok Bung Hatta dia unik memiliki gaya tersendiri, cerdas dan jujur yang patut diteladani dan dimiliki oleh tiap pemimpin di bangsa ini. Begitu juga dengan lulusan Universitas Bung Hatta harus memiliki karakater seperti Bung Hatta,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan mudah-mudahan kuliah umum ini bisa menjadi bagian dalam upaya meningkatkan komitmen kita semua dalam menciptakan sistem tata kelola keuangan negara yang akuntabel, transparan, dan bebas dari korupsi. Ini harus menjadi tekad kita bersama sebagai bagian dari pembangunan mental bangsa Indonesia menjadi bangsa yang besar dan berjiwa bersih.

“Untuk beberapa tahun terakhir, BPK memprioritaskan pemeriksaan keuangan yang dilakukan berdasarkan undang-undang. BPK juga melaksanakan pemeriksaan pada bidang-bidang kegiatan yang rawan terjadi korupsi dan menjadi prioritas pembangunan seperti bidang pendidikan, kesehatan, infrastrukstur, lingkungan hidup, ketahanan pangan dan penganggulangan kemiskinan,”tambahnya.

Dikatakannya Harry, BPK melalui perwakilannya dengan terbuka bagi mahasiswa Universitas Bung hatta yang ini memperdalam ilmunya dengan magang dan BPK juga akan meminta tenaga ahli dari dosen Universitas Bung Hatta. “Semoga kuliah umum ini dapat memberikan pencerahan dan membangkitkan cita-cita Bung Hatta untuk membentuk generasi yang cerdar dan jujur,”imbuhnya.(dil/ubay)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*