Ketua DPRD Irup Upacara HKN, Santri Peserta Pospenas Diapresiasi

Ketua DPRD Irup Upacara HKN, Santri Peserta Pospenas Diapresiasi

Ketua DPRD Irup Upacara HKN, Santri Peserta Pospenas Diapresiasi

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Uapacara Hari Kesadaran Nasional yang dilaksanakan setiap bulannya di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Limapuluh Kota, Senin (17/10) berjalan lancar dalam suasana hikmat. Ketua DPRD Limapuluh Kota Safruddin Datuk Bandaro Rajo bertindak sebagai Instektur Upacara. Upacara HKN bulan ini juga dihadiri oleh 11 santri Pondok Pesantren di lingkungan Kemenag Limapuluh Kota yang akan bertarung di ajang Pekan Olah Raga Seni Pondok Pesantren (POSPENAS) tingkat Nasional di Provinsi Banten 22 Oktober mendatang.

Dalam amanatnya, Ketua DPRD Limapuluh Kota menyampaikan rasa tersanjung sekaligus terhormat atas undangan Kakan Kemenag Limapuluh Kota untuk menjadi inspektur upacara HKN bulan ini.

“Hal ini merupakan bukti nyata bahwa pelaksanaan tugas pemerintahan di Limapuluh Kota sudah berjalan dengan prinsip koordinasi lintas sektoral yang kuat. Mudah-mudahan ke depanya dapat kita tingkatkan,” lanjut Politisi Golkar ini.

Menurutnya, ada tiga tantangan terbesar dalam mengisi pembangunan yang dihadapi oleh Bangsa dan Negara. Tantangan tersebut, pertama persoalan narkoba dan obat terlarang yang tidak hanya menghantui generasi muda, tapi jauh dari itu norkoba juga menyusup ke lapisan masyarakat berpendidikan tinggi, penyelenggara Negara, oknum polisi dan aparatur lainya.

“Tantanga kedua, kita dihadapkan pada munculnya budaya tahayul dengan varian baru, masyarakat kita tergiur dengan kemampuan seseorang yang mampu menggandakaan uang dan lebih parah lagi hal tersebut juga dilegitimasi oleh tokoh yang secara keilmuan berpendidikan tinggi,” tambahnya.

Terakhir menurut Ketua DPRD, tantangan pada aspek moralitas generasi muda yang semakin hari semakin membuat dahi berkerut.

“Oleh sebab itu, melalui momentum strategis ini saya mengajak seluruh komponen Kemenag Limapuluh Kota untuk berada di garda terdepan dalam memberikan solusi dari persoalan tersebut,” ujar Putra Baruah Gunung ini.

Terkait terpilihanya 11 santri Pondok Pesantren Limapuluh Kota yang akan bertarung di Pospenas Nasional, Safaruddin menyampaikan apresiasi dan rasa bangga terhadap prestasi tersebut.

“Saya dan masyarakat Limapuluh Kota mengucapkan selamat berkompetisi. Semoga kesebelas santri duta Limapuluh Kota tersebut dapat meraih prestasi tertinggi di pentas Nasional tersebut,” ucapnya harap.

Sementara itu, Kakan Kemenag Limapuluh Kota Gusman Piliang didampingi Kasi Pd. Pontren Kemenag Limapuluh Kota Zakaria tampak sumringah.

“Saya atas nama pimpinan mengucapkan terimaksih atas kehadiran Ketua DPRD Limapuluh Kota yang hari ini bertindak sebagai inspektur upacara. Sekaligus, melepas secara resmi kontingen Pospensas Limapuluh Kota. Arahan yang disampaikan pimpinan DPRD tadi menjadi motivasi, serta energi baru bagi kami di Kemenag Limapuluh Kota untuk terus berkarya memberikan pengabdian terbaik untuk daerah yang kita cintai ini,” simpul Gusman.

Data yang dihimpun dari panitia Pospenas Kemenag Limapuluh Kota, tercatat empat Pondok Pesantren yang santrinya menjadi kontingen Pospenas Nasional. 3 orang dari Pondok Pesantren Al-Makmur Tungkar, 4 orang dari Pondok Pesantren Darul Funun Padang Japang, 3 orang dari Pondok Pesantren Alkutsar, 1 orang dari Pondok Pesantren As-Sa’adiyah.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas