Ketua DPRD Kota Payakumbuh Lepas 212 CJH Kota Payakumbuh

Ketua DPRD Kota Payakumbuh. H. YB. Dt. Parmato Alam

Ketua DPRD Kota Payakumbuh. H. YB. Dt. Parmato Alam

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Tercatat sebanyak 212 calon jemaah haji (CJH) yang tergabung dalam Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Payakumbuh. Ke-212 CJH tersebut dilepas oleh Ketua DPRD Kota Payakumbuh, H. YB. Dt. Parmato Alam, Senin (31/7/2017).

Acara pelepasan tersebut dilaksanakan di Gedung IPHI Kawasan Kubu Gadang Kecamatan Payakumbuh Barat. Pelepasan tersebut dihadiri oleh Kabag Kesra Sekdako Payakumbuh, Ipendi Muis, Kepala Kankemenag diwakili Kasi PHU, Jufrimal, serta pengurus IPHI Kota Payakumbuh. Silaturahmi melepas CJH ini menghadirkan pentausiyah Ketua MUI Provinsi Sumatera Barat, H. Gusrizal Gazahar.

Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Payakumbuh merupakan wadah bersatunya jemaah setelah menunaikan rukun islam kelima. Untuk tahun ini, pengurus IPHI yang baru, H. Rudi Noviardi melakukan perubahan program, yakni dengan melepas 212 CJH Kota Payakumbuh di Gedung IPHI kawasan Kubu Gadang Kelurahan Kubu Tapak Rajo Kecamatan Payakumbuh Utara, hari ini Senin (31/07). Tampak hadir, Ketua DPRD, H. YB. Dt. Parmato Alam, Walikota diwakili Kabag Kesra Setdako, Ipendi Muis,

Ketua IPHI, Rudi Noviardi, menyampaikan Payakumbuh punya wadah himpun silaturrahmi jemaah pasca haji yang bertujuan untuk menjaga kemabruran haji sepanjang hayat. Terhimpunnya jemaah haji telah banyak memberi konstribusi terhadap warga Kota Payakumbuh.

“IPHI dengan Yayasan Jamiatul Hujjajnya telah mendirikan lembaga pendidikan dan KBIH, sebagaimana yang bisa kita saksikan bersama. Semua itu adalah berkat kebersamaan jemaah haji, untuk selalu melestarikan kemabruran haji melalui bhakti jemaah terhadap mencerdaskan generasi penerus dan pembinaan pra haji,” lapor Ketua IPHI.

Sementara itu, Kasi PHU Jufrimal menjelaskan CHJ Kota Payakumbuh yang tergabung di kloter13 gelombang I akan dilepas secara resmi oleh Pemko Payakumbuh tanggal 4 Agustus 2017 di aula SMKN 2 Payakumbuh, untuk selanjutnya mengantarkan koper pada tanggal 9 Agustus 2017 di kankemenag. Pada tanggal 10 Agustus 2017, berkumpul di GOR Kubu Gadang untuk bertolak menuju Embarkasi Padang. Insyallah tanggal 11 Agustus 2017, akan berangkat menuju Medinah laksanakan haji tamatu’.

Kloter 13 gelombang I akan bermaktab di Jarwal IX dengan memanfaatkan 7 hotel. Manasik terakhir akan kita laksanakan tanggal 3 Agustus 2017, guna penyampaian informasi dan pemantapan keberangkatan,” Jufrimal sampaikan.

Saat melepas, Ketua DPRD Kota Payakumbuh, YB. Dt. Parmato Alam menitipkan amanah kepada ketua kloter dan ketua TPHD. YB. Dt. Parmato Alam juga menghimbau agar menjaga kekompakan dan mematuhi arahan petugas haji yang telah ditunjuk pemerintah. Ketua DPRD yang juga telah pernah menjadi TPHD ini, menceritakan pengalamannya selama menunaikan rangkaian ibadah haji.

Ketua MUI Provinsi Sumatera Barat, H. Gusrizal Gazahar yang menjadi pentausiyah dalam kegiatan silaturrahmi melepas CJH oleh IPHI Kota Payakumbuh menyampaikan serta mengingatkan CJH, terkait rangkaian haji yang akan dilakukan di tanah suci Mekkah.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*